Breaking News
Pertahankan Skuad Juara, Inilah Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17     Ondrej Kudela: Saya Tidak Ragu Untuk Membawanya Ke Republik Ceko     Dimas Drajad Bersiap Bawa Timnas Indonesia Juara AFF 2022, Baggott Terancam Absen     BLV Quang Huy : Indonesia Era STY Sangat Sulit Dikalahkan     Sepi Penonton, Ketua PSSI Berdalih Lawan Tak Terkenal Dan Akan Edukasi Supporter    
Ernando Ari Cedera, Pelatih Kiper Persebaya Soroti Buruk nya Komunikasi Dokter Timnas
02 September 2020 | 15:50 WIB oleh Amirul Mukminin
TimnasIndonesia - @Bolasport.com ± 2 tahun yang lalu
183   x
Share on:
(Ernando Ari Cedera, Pelatih Kiper Persebaya Soroti Buruk nya Komunikasi Dokter Timnas) - @Bolasport.com - Ernando Ari Saat Menjalani Swab Tes di Jakarta
Keterangan gambar : Ernando Ari Cedera, Pelatih Kiper Persebaya Soroti Buruk nya Komunikasi Dokter Timnas Ernando Ari Saat Menjalani Swab Tes di Jakarta (Sumber gambar:@Bolasport.com)

Terungkap, Buruknya Komunikasi Dokter Tim Nasional Indonesia Jadi Penyebab Cedera Ernando Ari


Liga123 - Pelatih (Juru Taktik) kiper Persebaya Surabaya, Benny van Breukelen, mengungkapkan bahwa buruknya komunikasi dokter Tim Nasional Indonesia menjadi penyebab cedera Ernando Ari Sutaryadi.


Persebaya Surabaya mengalami kerugian cukup besar jelang kembalinya Liga 1 2020.Tim berjulukan Bajul Ijo itu kehilangan kiper muda yang bisa menjadi pelapis Rivky Mokodompit, Ernando Ari Sutaryadi, yang mengalami cedera bahu.


Mirisnya, Ernando mengalami cedera bukan saat berlatih bersama pasukan Aji Santoso, melainkan saat mengikuti Training Camp Tim Nasional U-19 Indonesia di Jakarta pada Agustus lalu.


Dia mengalami cedera bahu yang cukup parah sehingga membuatnya harus naik ke meja operasi dan beristirahat selama lebih kurang empat bulan.


Pelatih (Juru Taktik) kiper Persebaya, Benny van Breukelen, menyebut bahwa cedera yang dialami oleh Ernando disebabkan karena buruknya komunikasi dari dokter Tim Nasional Indonesia.


Dokter Tim Nasional Indonesia dinilai kurang mengikuti perkembangan kesehatan anak asuhnya saat berada di klub.


Sebab sebetulnya Ernando sudah sempat cedera saat mengikuti Training Camp skuad Garuda Nusantara di Thailan pada Januari lalu.


"Kata Nando, putus komunikasi dengan tim dokter Tim Nasional," ujar Benny seperti dikutip Bolasport.com dari Tribun Jatim.


"Nando di sini (Persebaya), dokternya putus komunikasi, begitu dipanggil (Training Camp) lagi, latihan, cedera lagi, karena yang awal belum sembuh total," ujarnya, Selasa (1/9/2020).


Menurut Benny, Ernando seharusnya sudah menjalani operasi sepulangnya dari Training Camp di Thailand.


Kendati Demikian, karena tidak ada komunikasi dari dokter Tim Nasional, Ernando jadi tidak mendapat penanganan yang baik.
Akibatnya, pemain 18 tahun itu justru harus menanggung cedera yang lebih parah daripada seharusnya.


"Pulang dari Thailand itu dia mestinya operasi, kalau waktu itu dioperasi, sekarang sudah gak ada masalah, istirahatnya sudah cukup," tegas Pelatih (juru taktik) kelahiran Medan tersebut.


Cedera itu menyebabkan Ernando terpaksa melewatkan kesempatan untuk menyertai Tim Nasional U-19 Indonesia dalam Training Camp di Kroasia.


Ernando juga dipastikan tidak akan tampil dalam gelaran Piala Asia U-19 2020 pada Oktober mendatang.


Saat ini, skuad Garuda Nusantara hanya memiliki dua kiper, yaitu Adi Satryo dari PSMS Medan dan Erlangga Setyo dari Persib Bandung.



Share on: