Breaking News
Sepi Penonton, Ketua PSSI Berdalih Lawan Tak Terkenal Dan Akan Edukasi Supporter     Dipermalukan Indonesia, Pelatih Curacao: Di Laga Kedua Kami Tunjukkan Level Sesungguhnya     Rekor Fantastis Curacao vs Negara Asia, Tapi Indonesia Berpeluang Besar Cukur Curacao     ANALISIS | Kenapa Fachruddin Masih Dipanggil ke Timnas yang Makin Muda?     Elkan Baggott Berminat Bela Klub Indonesia, Tapi Setelah Mengejar Mimpi Di Inggris    
Menilik Peluang Noah Gesser Bergabung dengan Timnas U-19
02 November 2020 | 18:49 WIB oleh Amirul Mukminin
TimnasIndonesia - @Okezone.com ± 2 tahun yang lalu
585   x
Share on:
(Menilik Peluang Noah Gesser Bergabung dengan Timnas U-19) - @Okezone.com - Noah Gesser Pemain Ajax U-16 keturunan Indonesia
Keterangan gambar : Menilik Peluang Noah Gesser Bergabung dengan Timnas U-19 Noah Gesser Pemain Ajax U-16 keturunan Indonesia (Sumber gambar:@Okezone.com)

Ditolak Bima Sakti, Noah Gesser Perkuat Tim Nasional Indonesia U-19?


Liga123 - Pelatih (Juru Taktik) Tim Nasional (Tim Nasional) Indonesia U-16, Bima Sakti, sempat mengeluarkan pernyataan takkan memanggil pemain keturunan ke timnya, layaknya yang dilakukan juru taktik Tim Nasional Indonesia U-19, Shin Tae-yong. Hal itu diungkapkan Bima Sakti beberapa saat sebelum Tim Nasional Indonesia U-16 menjalani Training Camp ke Uni Emirat Arab pada Minggu 18 Oktober 2020.


"Kami kumpul hari ini dan berangkat ke UEA Senin. Saya tidak akan memanggil pemain keturunan luar," ujar Bima Sakti kala itu.


Pernyataan di atas otomatis menutup bomber Belanda keturunan Indonesia, Noah Gesser, untuk memperkuat keturunan Tim Nasional Indonesia U-16. Padahal secara kualitas, jangan ragukan kemampuan penyerang 15 tahun ini.


Saat ini, penyerang yang memiliki darah Jawa dari ibunya tersebut merupakan top skor akademi Ajax. Di segala kelompok umur dari U-15 hingga U-23, koleksi 11 gol membuat Noah Gesser tercatat sebagai top skor.


Karena itu, penolakan Bima Sakti di atas bukan tak mungkin dimanfaatkan Shin Tae-yong. Terlebih, Tim Nasional Indonesia U-19 saat ini tidak benar-benar memiliki penyerang mematikan.


Selama dua bulan menjalani Training Camp di Kroasia, Pelatih (juru taktik) Tim Nasional Indonesia U-19 membawa lima penyerang. Sebut saja Jack Brown, Irfan Jauhari, Bahril Fahreza, Irfan Jauhari dan Saddam Gaffar.


Dari lima nama itu, tidak ada yang mampu menembus lima gol. Padahal, Tim Nasional Indonesia U-19 menjalani 11 pertandingan selama di Kroasia.


Noah Gesser bisa perkuat Tim Nasional Indonesia U-19


Jack Brown tercatat mengemas tiga gol, sedangkan Braif Fatari, Saddam Gaffar dan Irfan Jauhari sama-sama mencetak dua gol. Untuk Bahril Fahreza, ia sama sekali gagal mencetak gol.


Karena itu, tidak ada salahnya bagi Shin Tae-yong memanggil Noah Gesser untuk memperkuat Tim Nasional Indonesia U-19, meski sang pemain baru berusia 15 tahun. Tentu masih hangat dalam ingatan ketika Boaz Solossa turun di Piala Tiger 2004 bersama Tim Nasional senior Indonesia, meski usianya baru 18 tahun.


Begitu juga dengan nama-nama beken lainnya seperti Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney yang sudah menghuni skuad senior di usia yang masih sangat muda, yakni 18 tahun. Karena itu, menarik menanti siapa pemain keturunan selanjutnya yang dipanggil Shin Tae-yong.



Share on: