Breaking News
Pertahankan Skuad Juara, Inilah Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17     Ondrej Kudela: Saya Tidak Ragu Untuk Membawanya Ke Republik Ceko     Dimas Drajad Bersiap Bawa Timnas Indonesia Juara AFF 2022, Baggott Terancam Absen     BLV Quang Huy : Indonesia Era STY Sangat Sulit Dikalahkan     Sepi Penonton, Ketua PSSI Berdalih Lawan Tak Terkenal Dan Akan Edukasi Supporter    
Iwan Bule : Pertama kali Dilatih Shin Tae-yong, Pemain senior "Kaget"
18 September 2020 | 06:30 WIB oleh Amirul Mukminin
TimnasIndonesia - @kompas.com ± 2 tahun yang lalu
1 k   x
Share on:
(Iwan Bule : Pertama kali Dilatih Shin Tae-yong, Pemain senior "Kaget") - @kompas.com - Irfan Bachdim Saat mengikuti Latihan Timnas Senior
Keterangan gambar : Iwan Bule : Pertama kali Dilatih Shin Tae-yong, Pemain senior "Kaget" Irfan Bachdim Saat mengikuti Latihan Timnas Senior (Sumber gambar:@kompas.com)

PSSI: Ada Pemain Senior Tim Nasional Indonesia yang "Kaget" Dilatih Shin Tae-yong


Liga123 - Salah satu pemain senior Tim Nasional Indonesia, Irfan Bachdim, "kaget" ketika pertama kali dilatih Shin Tae-yong. Demikian penuturan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.


Shin Tae-yong ditunjuk sebagai Pelatih (juru taktik) Tim Nasional Indonesia pada Desember 2019 lalu. Dia dikontrak empat tahun.


Pria asal Korea Selatan itu bdiberi amanah sebagai Manajer sekaligus Pelatih (juru taktik) Tim Nasional dari kelompok umur hingga senior.


Sejak awal kedatangannya, Shin Tae-yong langsung menerapkan beberapa peraturan yang membuat pemain menjadi lebih disiplin.


Mulai dari pemakaian seragam, penggunaan handphone, sampai pola makan pun diatur oleh Shin Tae-yong.Shin Tae-yong juga merupakan sosok Pelatih (juru taktik) yang "keras" masalah fisik.


Dia menuntut para anak asuhnya untuk terus meningkatkan fisik pada setiap latihan.


Bahkan, gemblengan fisik Shin Tae-yong sampai memakan korban cedera.


Tercatat, sudah ada lima pemain Tim Nasional U-19 Indonesia yang mengalami cedera usai berlatih di bawah asuhan Shin Tae-yong.


Mereka adalah Amanar Abdillah, Ernando Ari Sutaryadi, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, dan Beckham Putra.


Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan bahwa para pemain Tim Nasional Indonesia memang sempat kaget saat pertama kali dilatih oleh Shin Tae-yong.


Shin Tae-yong juga merupakan sosok Pelatih (juru taktik) yang "keras" masalah fisik.


Dia menuntut para anak asuhnya untuk terus meningkatkan fisik pada setiap latihan.


Bahkan, gemblengan fisik Shin Tae-yong sampai memakan korban cedera.Tercatat, sudah ada lima pemain Tim Nasional U-19 Indonesia yang mengalami cedera usai berlatih di bawah asuhan Shin Tae-yong.


Mereka adalah Amanar Abdillah, Ernando Ari Sutaryadi, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, dan Beckham Putra.


Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan bahwa para pemain Tim Nasional Indonesia memang sempat kaget saat pertama kali dilatih oleh Shin Tae-yong.


Hal itu disampaikan Iriawan secara langsung saat diundang oleh acara Tonight Show di Net TV pada Selasa (8/9/2020).


"Kami sering crosscheck langsung kepada pemain setelah dilatih," ucap Iriawan seperti dikutip Bolasport.com dari Net TV.


"Awalnya mereka kaget karena gemblengan fisik cukup keras," ujar pria yang akrab disapaIwan Bule itu.


Salah satu pemain yang bercerita padanya adalah Irfan Bachdim.Padahal, pemain PSS Sleman itu tergolong sebagai pemain yang disiplin dalam menjaga pola makan dan kebugaran tubuhnya.


Pemain senior saya tanya, Irfan Bachdim saya tanya. Kaget pertama, tapi lama-lama menyesuaikan dan mereka enjoy," sambung Iwan Bule.


 


Menurut Iwan Bule, Shin Tae-yong memang punya filosofi khusus dalam melatih sebuah tim.Pelatih (Juru Taktik) asal Korea Selatan itu sangat mengedapankan kedisiplinan, mental, dan kondisi fisik.


 


"Filosofi Shin Tae-yong itu pertama adalah disiplin, kemudian mental," ungkap Iwan Bule.


 


"Dua itu yang dia sepakati kepada para pemain. Baru nanti mungkin fisik, skill, strategi itu baru berikutnya," ungkapnya.


Shin Tae-yong saat ini sedang mendampingi Tim Nasional U-19 yang sedang melakoni Training Camp (TC) di Kroasia.


 


TC itu sebagai persiapan menjelang Piala Asia U-19 di Uzbekistan pada 14-31 Oktober mendatang.


 


Selama di Kroasia, Tim Nasional U-19 asuhan Shin Tae-yong sudah menjalani dua laga Ujicoba /Training Match. Hasilnya, mereka dua kali kalah, yakni dari Bulgaria (0-3) dan Kroasia (1-7). (Hugo Hardianto Wijaya). 



Share on: