Breaking News
Sepi Penonton, Ketua PSSI Berdalih Lawan Tak Terkenal Dan Akan Edukasi Supporter     Dipermalukan Indonesia, Pelatih Curacao: Di Laga Kedua Kami Tunjukkan Level Sesungguhnya     Rekor Fantastis Curacao vs Negara Asia, Tapi Indonesia Berpeluang Besar Cukur Curacao     ANALISIS | Kenapa Fachruddin Masih Dipanggil ke Timnas yang Makin Muda?     Elkan Baggott Berminat Bela Klub Indonesia, Tapi Setelah Mengejar Mimpi Di Inggris    
Di Coba Jadi Kiper, Ini Tanggapan Zulham Zamrun
11 September 2020 | 10:00 WIB oleh Amirul Mukminin
Liga1 - @kompas.com ± 2 tahun yang lalu
147   x
Share on:
(Di Coba Jadi Kiper, Ini Tanggapan Zulham Zamrun) - @kompas.com - Zulham zamrun saat berlatih bersama Persib
Keterangan gambar : Di Coba Jadi Kiper, Ini Tanggapan Zulham Zamrun Zulham zamrun saat berlatih bersama Persib (Sumber gambar:@kompas.com)

Pemandangan Unik, Penyerang Persib Ini Dirotasi Jadi Kiper


Liga123 -  Pemandangan unik tampak dalam sesi latihan Persib Bandung, Selasa (8/9/2020).Dalam latihan yang diadakan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) itu,Zulham Zamrun yang biasa bermain di sektor penyerang dirotasi posisinya menjadi penjaga gawang.


Kejadian tersebut terjadi saat Persib mengadakansesi small side games. Bukan tanpa alasan tim Pelatih (juru taktik) Persib menunjuk Zulham menjadi kiper dalam sesi latihan tersebut.


Situasinya, klub berjulukan Maung Bandung itu kekurangan pemain di posisi kiper lantaran Teja Paku Alam masih menjalani pemulihan cedera hamstring.


Zulham pun tak keberatan dengan instruksi yang diberikan tim Pelatih (juru taktik) Persib kepadanya. Dia juga tidak masalah bila dalam kondisi mendesak ditunjuk sebagai kiper "dadakan" Persib.
Kenyataannya, memainkan peran sebagai penjaga gawang bukanlah hal baru Bagi Zulham. Saat masih membela PSM Makassar, Zulham juga pernah berperan sebagai penjaga gawang.


Bukan dalam latihan, momen tersebut dialami Zulham di pertandingan resmi.


"Tidak apa-apa bukan yang pertama juga. Seperti tahun kemarin juga, di PSM, saya berani ditunjuk sebagai penjaga gawang karena penjaga gawangnya cedera dan kartu merah," ujar Zulham kepada wartawan.


"Mungkin sekarang di Indonesia sudah pada tahu itu menjadi alternatif sebagai sebuah klub apabila ada penjaga gawang yang cedera atau sakit, saya selalu siap," ujar dia.


Kejadiannya terjadi pada Liga 1 2019, saat PSM bertemu Semen Padang dalam lanjutan pertandingan minggu ke-20, di Stadion Haji Agus Salim, Padang.


Kala itu PSM harus kehilangan dua penjaga gawangnya, Rivky Mokodompit dan Hery Prasetyo, karena cedera.


Sementara jatah pergantian pemain sudah habis, PSM pun harus menunjuk salah satu pemain yang tersedia di lapangan untuk menjadi penjaga gawang. Akhirnya, Zulham yang ditunjuk untuk menjadi kiper 'dadakan'.


Meski kebobolan satu gol dan PSM harus kalah 1-2 dari Semen Padang, performa Zulham di bawah mistar gawang banyak mendapatkan pujian.


Pemain asal Ternate itu tampil cekatan dalam upaya mengamankan gawangnya dari kebobolan. Sejumlah penyelamatan juga berhasil dilakukan Zulham.


Eks pemain Persela Lamongan itu pun bercerita, dirinya memang bisa bermain sebagai kiper. Teknik dasar penjaga gawang pun dikuasainya. Kenyataannya, saat memulai karier sebagai pemain sepakbola, Zulham memang berperan sebagai kiper.


Kendati Demikian, karena posturnya yang dianggap kurang ideal untuk menjadi kiper, posisi Zulham pun diubah menjadi pemain depan. Peran tersebut dimainkan Zulham hingga saat ini.


"Sebenarnya sih dulu mulai jadi pemain sepakbola itu dimulai menjadi seorang penjaga gawang cuman engga keterusan karena saya pikir postur saya tidak terlalu tinggi jadi beralih ke pemain menyerang saja, tetapi untuk dasar dasar kiper saya sudah punya dan miliki," ujar Zulham.


Menyoal kiper favoritnya, Zulham berbicara, ada dua penjaga gawang yang menjadi inspirasinya. Pertama adalah Mukhlis Sahrun, yang pernah bermain untuk Persiter Ternate. Adapun nama kedua adalah rekan satu timnya di Persib, I Made Wirawan.


"Kiper saya kalau lihat dari penampilan ya Bang Made Wirawan, tetapi kalau pribadi ada satu legend di Ternate, saya selalu melihat dia, Muklis Syahrun, eks pemain Persiter Ternate," ungkap Zulham.


"Kalau dari skill saya cenderung ke Mukhlis Sahrun karena dia lebih gesit. Kalau dari penampilan ke Bang Made. Enak saja dipandang kalau menjaga di bawah mistar dan semuanya," ujar dia.



Share on: