Breaking News
Dimas Drajad Bersiap Bawa Timnas Indonesia Juara AFF 2022, Baggott Terancam Absen     BLV Quang Huy : Indonesia Era STY Sangat Sulit Dikalahkan     Sepi Penonton, Ketua PSSI Berdalih Lawan Tak Terkenal Dan Akan Edukasi Supporter     Dipermalukan Indonesia, Pelatih Curacao: Di Laga Kedua Kami Tunjukkan Level Sesungguhnya     Rekor Fantastis Curacao vs Negara Asia, Tapi Indonesia Berpeluang Besar Cukur Curacao    
Ada Nama Mantan Pemain Persela, Berikut 5 Pemain Muda yang Pernah Jalani Debut di Timnas Senior Indonesia
11 Oktober 2020 | 11:00 WIB oleh Amirul Mukminin
TimnasIndonesia - @Bola.com ± 2 tahun yang lalu
564   x
Share on:
(Ada Nama Mantan Pemain Persela, Berikut 5 Pemain Muda yang Pernah Jalani Debut  di Timnas Senior Indonesia) - @Bola.com - Saddil Ramdani, Asnawi Bahar dan Egy Maulana Vikri.
Keterangan gambar : Ada Nama Mantan Pemain Persela, Berikut 5 Pemain Muda yang Pernah Jalani Debut di Timnas Senior Indonesia Saddil Ramdani, Asnawi Bahar dan Egy Maulana Vikri. (Sumber gambar:@Bola.com)

5 Pemain yang Promosi Secara Kilat ke Tim Nasional Indonesia, 17 Tahun Sudah Jalani Debut


Liga123 - Indonesia memiliki banyak pemain sepakbola muda potensial. Tak heran jika akhirnya sejumlah pemain muda tidak butuh waktu lama untuk tampil bersama Tim Nasional Indonesia senior.


Para pemain yang berhasil promosi kilat ke Tim Nasional Indonesia biasanya memiliki kualitas di atas rata-rata, ketimbang rekan setimnya di tim junior. Tampil apik bersama Tim Nasional U-19 dan U-22 membuat Pelatih (juru taktik) Tim Nasional senior penasaran.


Walhasil, Pelatih (juru taktik) Tim Nasional senior memberikan kesempatan promosi kepada para pemain muda berbakat. Keputusan yang jarang gagal, karena pada kenyataannya para pemain muda itu bisa beradaptasi dan berkontribusi di Tim Nasional Indonesia senior.


Mereka tak canggung bersaing dengan pemain yang usianya lebih tua. Bakat yang dimiliki itulah biasanya menjadi modal untuk bersaing dengan pemain lain.


Ritual mempromosikan pemain muda sampai saat ini masih berpotensi terjadi di Sepakbola Indonesia. Hal itu tak terlepas dari semakin meningkatnya kemampuan para pemain sepakbola belia yang ada saat ini.


Bola.com mencatat ada lima pemain yang mencatatkan debut ketika masih berusia belia. Lantas, siapa saja kelima pemain yang mendapatkan promosi kilat ke Tim Nasional Indonesia senior?


1. Gian Zola


Gian Zola menjalani debutnya di Tim Nasional Indonesia pada 21 Maret 2017. Ketika itu, Gian Zola tampil dalam laga Ujicoba /Training Match melawan Myanmar pada usia 18 tahun 7 bulan dan 16 hari.


Gian Zola dipercaya Pelatih (juru taktik) Luis Milla bermain selama 45 menit. Sejak saat itu, Gian Zola sudah tampil sebanyak tiga kali membela Tim Nasional Indonesia.


Gian Zola lebih banyak tampil di Tim Nasional U-22. Kendati Demikian, belakangan namanya mulai jarang dipanggil ke level Tim Nasional.


2. Boaz Solossa


Boaz Solossa pernah menjadi pemain paling muda yang ada di Tim Nasional Indonesia. Ketika itu, Boaz mengawali debutnya di Tim Nasional Indonesia pada usia 18 tahun 5 bulan dan 7 hari.


Debut Boaz Solossa terjadi saat dipercaya tampil membela Tim Nasional Indonesia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2006 melawan Turkmenistan.


Ketika itu, Boaz membantu Tim Nasional Indonesia menang 3-1 dan menyumbang dua assist untuk Ilham Jaya Kesuma. Sampai saat ini, Boaz masih aktif bermain dan sudah mengemas 48 pertandingan dan 14 gol dengan seragam Tim Nasional Indonesia.


3. Saddil Ramdani


Penampilan Bagus Saddil Ramdani bersama Persela di musim 2016 membawa nya Menjalani debut di Tim Nasional Indonesia pada 21 Maret 2017. Ketika itu, Saddil dipercaya Luis Milla bermain dalam laga Ujicoba /Training Match melawan Myanmar.


Saddil ketika itu berusia 18 tahun 2 bulan dan 19 hari. Sejak saat itu, Saddil sudah mengemas sembilan penampilan untuk Tim Nasional Indonesia.


Saddil juga dikenal sebagai pemain yang awet muda. Dalam setahun, Saddil pernah tampil membela dua Tim Nasional kelompok umur yakni U-19 dan U-22.


4. Egy Maulana Vikri


Egy Maulana Vikri mengawali debut bersama Tim Nasional Indonesia pada usia 17 tahun 4 bulan 25 hari. Ketika itu, Pelatih (juru taktik) Luis Milla memberinya kepercayan bermain pada laga Ujicoba /Training Match melawan Brunei Darussalam pada Aceh World Solidarity Tsunami Cup 2017.


Egy ketika itu dimainkan dari bangku cadangan oleh Luis Milla. Egy turut membantu Tim Nasional Indonesia menang dengan skor 4-0.


Sejak saat itu, Egy sudah mengoleksi tiga penampilan di Tim Garuda. Adapun mayoritas penampilannya masih di Tim Nasional Indonesia U-22.


5. Asnawi Bahar


Asnawi Bahar menjadi pemain paling muda sampai saat ini yang mengawali debut di Tim Nasional Indonesia. Pemain PSM Makassar itu tampil membela Tim Nasional Indonesia pada usia 17 tahun 4 bulan dan 17 hari.


Ketika itu, Asnawi Bahar tampil dalam laga Ujicoba /Training Match melawan Myanmar. Pelatih (Juru Taktik) Luis Milla memberikan debut kepada Asnawi selama 35 menit bermain.


Itu menjadi satu-satunya laga yang dimainkan Asnawi Bahar bersama Tim Nasional Indonesia senior. Adapun Asnawi yang saat ini berusia 21 tahun lebih banyak membela Tim Nasional U-22.



Share on: