Breaking News
Pertahankan Skuad Juara, Inilah Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17     Ondrej Kudela: Saya Tidak Ragu Untuk Membawanya Ke Republik Ceko     Dimas Drajad Bersiap Bawa Timnas Indonesia Juara AFF 2022, Baggott Terancam Absen     BLV Quang Huy : Indonesia Era STY Sangat Sulit Dikalahkan     Sepi Penonton, Ketua PSSI Berdalih Lawan Tak Terkenal Dan Akan Edukasi Supporter    
Indra Sjafri Sebut Pelatih Asing di Indonesia Harus Mempunyai Lisensi yang Diakui AFC
11 November 2020 | 08:00 WIB oleh Amirul Mukminin
SepakbolaNasional - @Bolasport.com ± 2 tahun yang lalu
319   x
Share on:
(Indra Sjafri Sebut Pelatih Asing di Indonesia Harus Mempunyai Lisensi yang Diakui AFC) - @Bolasport.com - Indra Sjafri Direktur Tehnik Timnas Indonesia
Keterangan gambar : Indra Sjafri Sebut Pelatih Asing di Indonesia Harus Mempunyai Lisensi yang Diakui AFC Indra Sjafri Direktur Tehnik Timnas Indonesia (Sumber gambar:@Bolasport.com)

Indra Sjafri: Pelatih (Juru Taktik) Asing di Indonesia Wajib Punya Lisensi AFC


Liga123 - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, mengatakan bahwa Pelatih (juru taktik) asing di Indonesia wajib memiliki sertifikat atau lisensi yang dikeluarkan oleh AFC.


Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, baru saja mengikuti rapat dengan Komite Teknik AFC pada Senin (9/11/2020).


Indra Sjafri berbicara ada lima keputusan yang dihasilkan lewat rapat yang dimpimpin oleh eks pemain Tim Nasional Jepang, Kohzo Tashima, yang menjadi Ketua Komite Teknik AFC.


Keputusan itu dihasilkan dalam rangka tetap memajukan Sepakbola negara-negara anggota AFCdi tengah pandemi Covid19.


"Terdapat lima keputusan dari rapat tersebut,” kata Indra Sjafri dikutip Bolasport.com dari laman resmi PSSI.


“Kelima keputusan itu adalah pergantian musim Liga Champions Asia (Proposal dari Asosiasi Sepak Bola Jepang), pertimbangan ulang dari Pengakuan Pengalaman dan Kompetensi Saat ini (RECC)," ujar Indra Sjafri.


"Regulasi dan panduan yang direvisi untuk piagam AFC Grassroots dan Youth Scheme AFC Elite, pembentukan panel pendidikan Pelatih (juru taktik) AFC Baru, AFC Grassroots Panel dan AFC Youth Panel, dan kursus Pelatihan khusus AFC,” tambah Indra Sjafri.


Khusus untuk kursus Pelatih, Indra Sjafri mengatakan bahwa AFC menegaskan supaya negara-negara anggota tidak boleh menurunkan standar sertifikat atau lisensi Pelatih.


Mengingat, Pelatih (juru taktik) yang berkualitas sangat penting untuk melindungi pemain dan menjaga standar tim tetap tinggi.


Melihat keputusan tersebut, Indra pun berbicara akan terus menjaga kualitas para Pelatih (juru taktik) yang berada di Indonesia.


Salah satunya mewajibkan para Pelatih (juru taktik) asing untuk memiliki sertifikat atau lisensi yang dikerluarkan oleh AFC.


“Direktur Teknik AFC, Andy Roxburg mengatakan bahwa selain Pelatih (juru taktik) kepala dan Asisten Pelatih (juru taktik) yang harus memiliki lisensi yang mumpuni, namun juga kompenen kePelatihan lainnya seperti Pelatih (juru taktik) kiper dan fisik," ungkap Indra Sjafri.


"Pengalaman memang penting, tapi terkadang pengalaman saja tidak cukup, butuh lisensi yang sesuai standart AFC. Ini berlaku untuk Pelatih (juru taktik) lokal maupun asing."


"Khusus Pelatih (juru taktik) asing di Indonesia harus punya sertifikat atau lisensi yang diakui oleh AFC,” jelas pria yang pernah menjadi Pelatih (juru taktik) Tim Nasional Indonesia U-23 dan U-19 tersebut.



Share on: