Breaking News
Dimas Drajad Bersiap Bawa Timnas Indonesia Juara AFF 2022, Baggott Terancam Absen     BLV Quang Huy : Indonesia Era STY Sangat Sulit Dikalahkan     Sepi Penonton, Ketua PSSI Berdalih Lawan Tak Terkenal Dan Akan Edukasi Supporter     Dipermalukan Indonesia, Pelatih Curacao: Di Laga Kedua Kami Tunjukkan Level Sesungguhnya     Rekor Fantastis Curacao vs Negara Asia, Tapi Indonesia Berpeluang Besar Cukur Curacao    
Hindari Cidera, Persebaya Jalani Latihan Tak Terlalu Keras
12 September 2020 | 15:30 WIB oleh Febri
Liga1 - @JawaPos ± 2 tahun yang lalu
82   x
Share on:
(Hindari Cidera,  Persebaya Jalani Latihan Tak Terlalu Keras) - @JawaPos - Gelandang Persebaya Aryn Williams (kiri) saat berlatih bersama Persebaya Surabaya di Wiyung (5/9). (Angger Bondan/Jawa Pos)
Keterangan gambar : Hindari Cidera, Persebaya Jalani Latihan Tak Terlalu Keras Gelandang Persebaya Aryn Williams (kiri) saat berlatih bersama Persebaya Surabaya di Wiyung (5/9). (Angger Bondan/Jawa Pos) (Sumber gambar:@JawaPos)

Takut Cedera, Pemain Persebaya Hindari Kontak Terlalu Keras di Latihan


Liga123 – Persebaya Surabaya mulai berlatih sejak 1 September. Itu jadi latihan perdana setelah kali terakhir skuad berlatih pada Maret lalu. Sayang, selama latihan, ada beberapa penggawa yang mengalami cedera.


Pertama adalah Bayu Nugroho. Sayap asal Solo itu mengalami cedera hamstring. Cedera tersebut didapat pada latihan kedua atau Rabu (2/9). Mantan gelandang PSIS Semarang itu akhirnya melakoni latihan secara terpisah. Dia sering mendapat materi khusus dari fisioterapis Anggara Dwi Samudra di pinggir lapangan.


Bek Hansamu Yama juga pernah mengeluh. Eks pemain Barito Putera itu sempat mengalami gangguan pada punggung. Dia kemudian sempat mendapatkan perawatan.


Hal yang cukup mengkhawatirkan. Maklum, Hansamu merupakan pilihan utama di posisi bek tengah. Beruntung, kondisi pemain asli Mojokerto itu tidak parah sehingga bisa kembali melakoni latihan secara normal.


Pada latihan terakhir, giliran Ricky Kambuaya yang kesakitan. Dia mengalami gangguan pada jari kaki. ’’Dia (Kambuaya) minta berhenti di tengah latihan karena ada jari kakinya yang lecet,’’ kata Pelatih (juru taktik) Persebaya Aji Santoso.


Artinya, tidak ada cedera yang perlu dikhawatirkan dari Kambuaya. ’’Sejauh ini hanya Bayu (Nugroho) yang belum bisa gabung latihan (di lapangan),’’ tambah Pelatih (juru taktik) 50 tahun tersebut.


Aji menampik jika dianggap pemain cedera karena intensitas latihan yang terlalu tinggi. ’’Nggak. Ya karena memang lagi sakit saja,’’ jelas eks Pelatih (juru taktik) Persela Lamongan tersebut.


Latihan skuad Green Force memang mulai menyentuh taktikal. Aji terus mengasah gaya bermain anak asuhnya setelah lima bulan tidak pernah berlatih taktik. ’’Materi yang diberikan kami ulangi agar pemain bisa lebih memahami (taktikal) saja,’’ jelas Aji.


Sayap Irfan Jaya tak menampik intensitas latihan mulai naik. Meski demikian, Irfan memilih untuk menahan diri. ’’Dalam latihan, saya jaga agar jangan sampai ada kontak terlalu keras. Kan ini latihan sama teman-teman, jadi takut cedera,’’ terang eks pemain PSM U-20 tersebut.


Tapi, dia hanya akan menahan diri saat latihan saja. ’’Beda lagi kalau pas pertandingan, harus keras (ngotot),’’ jelas bapak dua anak itu.


Bagi Irfan, persiapan satu bulan memang dianggap mepet. Karena itu, dia harus pandai-pandai meningkatkan kondisi jelang kompetisi. ’’Pelatih (Juru Taktik) bilang kami harus atur latihan dan tetap jaga kondisi. Terlebih lagi pertandingannya banyak, jedanya sedikit,’’ ungkap pemain terbaik Liga 2 musim 2017 tersebut.


Persebaya memang dihadapkan dengan jadwal padat. Mereka akan melakoni 32 laga dalam waktu lima bulan saja.


Irfan pun kini memilih untuk menambah porsi latihan. Sama dengan gelandang senior Rendi Irwan. ’’Sebenarnya tidak ada pesan dari coach (Aji). Tapi ini kemauan saya sendiri,’’ katanya.


Sejauh ini, dia rutin melakukan latihan tambahan secara mandiri bersama gelandang M. Hidayat. ’’Kebetulan di apartemen kami satu kamar. Jadi, biar stamina tambah baik, latihan juga maksimal,’’ imbuhnya.



Share on: