Breaking News
Pertahankan Skuad Juara, Inilah Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17     Ondrej Kudela: Saya Tidak Ragu Untuk Membawanya Ke Republik Ceko     Dimas Drajad Bersiap Bawa Timnas Indonesia Juara AFF 2022, Baggott Terancam Absen     BLV Quang Huy : Indonesia Era STY Sangat Sulit Dikalahkan     Sepi Penonton, Ketua PSSI Berdalih Lawan Tak Terkenal Dan Akan Edukasi Supporter    
Sudah 10 Pemain Asing Mundur, PSSI Masih Belum Ungkap Kapan Bursa Transfer Dibuka
12 September 2020 | 18:00 WIB oleh Amirul Mukminin
Liga1 - @Bola.com ± 2 tahun yang lalu
151   x
Share on:
(Sudah 10 Pemain Asing Mundur, PSSI Masih Belum Ungkap Kapan Bursa Transfer Dibuka) - @Bola.com - Silvano Comvalius Eks Striker Arema dan Persipura
Keterangan gambar : Sudah 10 Pemain Asing Mundur, PSSI Masih Belum Ungkap Kapan Bursa Transfer Dibuka Silvano Comvalius Eks Striker Arema dan Persipura (Sumber gambar:@Bola.com)

10 Pemain Asing Pilih Mundur, PSSI Majukan Bursa Transfer Shopee Liga 1 tapi Detail Masih Dirahasiakan


Liga123 - Sudah sepuluh legiun asing memilih mundur sebelum Shopee Liga 1 2020 dilanjutkan. Mendengarkan aspirasi dan mengakomodir kebutuhan para peserta, PSSI memberi keputusan untuk memajukan bursa transfer periode kedua.


Banyaknya jumlah legiun asing yang mundur menuju lanjutan Shopee Liga 1diawali gelandang asing Persikabo, Petteri Pennanen yang ogah kembali ke Indonesia.


Karena pandemi COVID-19, pemain berusia 29 tahun tersebut memilih bertahan di kampung halamannya, Finlandia. Arema FC dan Persipura Jayapura menjadi tim yang paling kelimpungan karena sama-sama kehilangan dua wajah impornya.


Arema FC tidak mencapai kata sepakat dengan Jonathan Bauman dan Oh In-kyun. Adapun, Persipura ditinggalkan Sylvano Comvalius dan Arthur Cunha karena alasan pribadi.


Semula, bursa transfer periode kedua Shopee Liga 1 merujuk kalender FIFA dijadwalkan pada 20 Juli-19 Agustus 2020. Kendati Demikian, karena kompetisi dihentikan dan periode pertandingan menjadi berantakan, PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengubahnya menjadi 8-23 Desember 2020.


Kini sebagai pembuat regulasi, PSSI memilih untuk kembali memajukan periode perpindahan para pemain tersebut sebelum Shopee Liga 1 dimulai. Kendati Demikian, organisasi yang dipimpin oleh Mochamad Iriawan itu menolak untuk mengungkapkan periode pastinya. 


"Sebetulnya tidak harus kami sampaikan hari ini. Nanti biar PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang mengumumkan. Sedikit kami sampaikan, ada pendaftaran pemain baru yag kami percepat. Sebab, kami mengantisipasi legiun asing yang susah masuk ke Indonesia," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi pada konferensi pers lanjutan Shopee Liga 1, Jum'at (11/9/2020).


"Kami memberikan keleluasaan kepada klub untuk mendatangkan pemain baru. Nanti selengkapnya akan disampaikan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) saat workshop Shopee Liga 1. Di sana nantinya, akan dijelaskan secara detail," jelasnya.


Detailnya Masih Dirahasiakan


Yunus Nusi masih merahasiakan rincian peraturan pada bursa transfer periode kedua Shopee Liga 1. Apakah diperbolehkan untuk mendatangkan legiun asing dan lokal, atau hanya legiun asing saja. Pada keputusan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebelumnya, para peserta dilarang untuk mendatangkan pemain dari sesama kontestan kompetisi.


PSSI, lanjutnya, juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM dan Dirjen Imigrasi supaya para ekspatriat yang akan bermain di Shopee Liga 1 nantinya dapat dipermulus izinnya.


"PSSI telah bekerja sama dengan Kemenkumham. Saya juga telah bertemu dengan Dirjen Imigrasi. Kenyataannya ada beberapa legiun asing yang sulit untuk masuk ke Indonesia," imbuh Ynus Nusi.


"Dengan dukungan Kemenkumham, para legiun asing sudah mulai kembali datang dan diberiikan dispensasi khusus sesuai peraturan Kemenkumham," ungkapnya.



Share on: