Breaking News
Pertahankan Skuad Juara, Inilah Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17     Ondrej Kudela: Saya Tidak Ragu Untuk Membawanya Ke Republik Ceko     Dimas Drajad Bersiap Bawa Timnas Indonesia Juara AFF 2022, Baggott Terancam Absen     BLV Quang Huy : Indonesia Era STY Sangat Sulit Dikalahkan     Sepi Penonton, Ketua PSSI Berdalih Lawan Tak Terkenal Dan Akan Edukasi Supporter    
Fakta Unik Elkan Baggott Pemain Liga Inggris Andalan Timnas U-19
12 Oktober 2020 | 18:09 WIB oleh Amirul Mukminin
TimnasIndonesia - @Bola.net ± 2 tahun yang lalu
168   x
Share on:
(Fakta Unik Elkan Baggott Pemain Liga Inggris Andalan Timnas U-19) - @Bola.net - Elkan Baggot saat menjalani Debut Profesional Bersama Klub nya
Keterangan gambar : Fakta Unik Elkan Baggott Pemain Liga Inggris Andalan Timnas U-19 Elkan Baggot saat menjalani Debut Profesional Bersama Klub nya (Sumber gambar:@Bola.net)

Tentang Elkan Baggott: Pemain Ipswich Town yang Menjadi Andalan Tim Nasional Indonesia U-19


Liga123 - Elkan Baggott baru saja memainkan laga debutnya bersama Tim Nasional Indonesia U-19. Sebuah laga yang berjalan mulus karena mampu membawa Garuda Junior meraih kemenangan atas Makedonia Utara.


Elkan Baggott langsung menjadi pusat perhatian sejak memenuhi panggilan Tim Nasional Indonesia U-19 beberapa waktu lalu. Bukan hanya statusnya yang bermain di Inggris, secara fisik dia juga sangat menonjol jika dibanding pemain lainnya.


Elkan Baggott merupakan bek dari klub Inggris, Ipswich Town U-18, yang belakangan ini tenar di dunia maya. Punya masa depan yang cerah di Negeri Ratu Elizabeth, bek berpostur 194 cm ini justru memilih menerima pinangan Tim Nasional Indonesia U-19.


Pemanggilan Baggot ke Training Camp (training centre) Tim Nasional Indonesia U-19 terbilang mengejutkan. Kenyataannya, namanya tidak sepopuler pemain keturunan lain semisal Paul Aro dan Jack Brown.


Hadirnya Elkan Baggott langsung terasa nyata ketika Tim Nasional Indonesia U-19 menang telak 4-1 atas Makedonia Utara. Permainannya taktis dan jarang melakukan kesalahan di lini belakang.


Elkan Baggott juga punya tiga darah. Ia adalah anak dari pasangan Inggris dan Indonesia yang lahir di Bangkok, Thailand.


Selain blasteran tiga negara, apa saja fakta menarik Elkan Baggott, bek Tim Nasional Indonesia U-19?


Dapat Beasiswa di Ipswich Town


Ayahnya berasal dari Inggris dan ibunya asli Indonesia. Sewaktu kecil, bek berpostur raksasa, 194 cm ini pernah bermukim di Jakarta selama tiga tahun. Dia sempat bersekolah di Arsenal Training Center hingga di British School Jakarta.


"Itu tim pertama saya. Kemudian, saya pindah ke Inggris dan bermain di Sunday League, kompetisi amatir di sana," ujar Baggott dinukil dari wawancaranya dengan channel Yussa Nugraha di YouTube.


"Dari situ, karier saya dimulai. Saya bergabung dengan Witham Town, level yang lebih tinggi, dan direkrut oleh Ipswich Town U-18," imbuh Elkan Baggott.


Elkan Baggot mengaku telah menghabiskan dua musim bersama Ipswich Town U-18. Dia sudah beberapa kali menghadapi tim-tim junior kelas Premier League di sana.


"Saya bermain di akademi kategori dua. Jadi sudah melawan tim-tim seperti Watford, Crystal Palace, dan Burnley," jelas Baggott.


"Saya bermain di sini sejak U-15. Sekitar tiga setengah tahun. Saya berposisi sebagai bek tengah sebelah kiri, karena kaki kiri saya kuat," imbuhnya.


Pernah Tinggal di Kawasan Bintaro


Darah Indonesia yang mengalir di tubuh Elkan Baggott didapatkan dari ibunya. Ia dan keluarganya sempat tinggal di Bintaro selama beberapa tahun, bahkan bersekolah di British School of Jakarta hingga 2008.


Elkan Baggott kemudian pindah ke Inggris. Ia mendapatkan beasiswa Professional Development Phase Scholarship selama dua tahun.


Tampil di Future U-18 Cup bersama Tottenham Hotspur


Bermain ciamik selama program Professional Development Phase Scholarship bersama Ipswich Town, manajemen klub pun menawarkannya kontrak usai beasiswa tersebut rampung. Data dari Transfermarkt menyebutkan Elkan Baggott resmi bergabung pada Juli 2019.


Elkan Baggott juga pernah bergabung bersama tim junior Tottenham Hotspur dalam ajang The Future Cup U-18. Turnamen itu digelar di Belanda.


Mendadak Jadi Selebgram


Media ternama Inggris, The Sun, dibuat takjub dengan popularitas Elkan Baggott di media sosial Instagram. Nama Elkan menjadi sangat populer setelah mendapatkan kesempatan mengikuti Training Camp di Tim Nasional Indonesia U-19.


The Sun mengambil judul "Sensasi dari Ipswich, Elkan Baggott, 17 tahun, memiliki banyak followers di Instagram dan Youtube dari penggemar di Indonesia". Artikel itu sengaja ditulis setelah sang pemain menjalani debut profesional pertama bersama Ipswich Town di EFL League One 2020-2021, Rabu (7/10/2020).


Judul yang diambil The Sun tak berlebihan karena jumlah followers Instagram Elkan Baggott memang hanya kalah tipis dari klubnya, Ipswich Town. Hingga Jum'at (9/10/2020), followers Elkan Baggott tercatat 59,2 ribu orang, kalah tipis dari followers Ipswich Town yang mencapai 76,5 ribu orang.


Tak hanya di Instagram, Elkan Baggott juga populer di Youtube, di mana video yang menampilkan kepiawaiannya dalam mengolah bola dilihat sampai ratusan ribu kali.


 



Share on: