Breaking News
Pertahankan Skuad Juara, Inilah Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17     Ondrej Kudela: Saya Tidak Ragu Untuk Membawanya Ke Republik Ceko     Dimas Drajad Bersiap Bawa Timnas Indonesia Juara AFF 2022, Baggott Terancam Absen     BLV Quang Huy : Indonesia Era STY Sangat Sulit Dikalahkan     Sepi Penonton, Ketua PSSI Berdalih Lawan Tak Terkenal Dan Akan Edukasi Supporter    
Laman Wikipedia Persebaya Dibajak, Ada Peluang Messi dan Ronaldo Bermain di Liga Indonesia
12 November 2020 | 08:38 WIB oleh Amirul Mukminin
SepakbolaNasional - @bola.com ± 2 tahun yang lalu
538   x
Share on:
(Laman Wikipedia Persebaya Dibajak, Ada Peluang Messi dan Ronaldo Bermain di Liga Indonesia) - @bola.com - Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo saat bersaing di Liga Spanyol.
Keterangan gambar : Laman Wikipedia Persebaya Dibajak, Ada Peluang Messi dan Ronaldo Bermain di Liga Indonesia Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo saat bersaing di Liga Spanyol. (Sumber gambar:@bola.com)

Laman Wikipedia Persebaya Dibajak, Muncul Pemain Asing Korsel dan Norwegia


Liga123 - Persebaya Surabaya punya tiga legiun asing baru. Satu di antaranya berasal dari Korea Selatan, sedangkan dua lainnya berpaspor Norwegia. Dilain sisi, penyerang asal Swedia, Mahmoud Eid, juga tidak masuk dalam Skuad lagi.


Pernyataan di atas tentu saja melahirkan tanda tanya lantaran bursa transfer pemain di Indonesia sedang tidak dibuka saat ini. Jangankan bursa transfer, lanjutan Shopee Liga 1 2021 saja masih direncanakan bergulir lagi Februari 2021.


Tenang, kedatangan “legiun asing” baru Persebaya itu tidak benar-benar terjadi. Informasi itu disajikan oleh laman Wikipedia. Dalam laman berbahasa Inggris, tertulis nama-nama pemain anyar Persebaya dan ini diduga sedang dibajak.


Satu legiun asing Korea Selatan yang dimaksud bernama Goh Dong-min. Dia berusia 21 tahun dan berposisi sebagai penjaga gawang. Sedangkan dua pemain Norwegia adalah Gustav Valsvik (bek) dan Erik Tonne (pemain sayap).


Kebenaran informasi itu tentu saja diragukan. Sebab, tidak ada sumber jelas kedatangan para legiun asing baru. Dilain sisi, di laman masing-masing dari tiga “legiun asing” itu juga tidak menyebutkan bahwa mereka kini sedang membela Persebaya.


Sampai berita ini disusun, laman Persebaya di Wikipedia tercatat terakhir disunting pada pukul 07.34 WIB pada hari ini, Rabu (11/11/2020).


Dua legiun asing yang benar-benar menjadi milik Persebaya masih tercantum dalam laman ini. Di antaranya adalah penyerang asal Brasil, David da Silva, serta gelandang berkewarganegaraan Australia, Aryn Williams.


Mahmoud Eid Hilang


Lucunya, gelandang asal Mali, Makan Konate, telah berstatus sebagai pemain Indonesia. Lalu, penyerang sayap Mahmoud Eid malah tidak muncul sama sekali.


Sisanya, nama-nama pemain lokal sudah sesuai dengan kenyataan. Seperti Zoubairou Garba, yang disebutkan merupakan pemain Naturalisasi asal Kamerun.


Ketidaktepatan informasi ini sering terjadi pada Wikipedia. Maklum, laman dalam situs web satu ini memang dikelola oleh kontributor. Jadi, setiap orang bisa membuat dan menyunting laman apapun, meski sebenarnya tetap harus mencantumkan sumber.


Semoga ada pengelola Wikipedia yang mengetahui kesalahan informasi ini. Jangan sampai nanti Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi bergabung klub Indonesia juga. Yang mengejutkan, Pele atau Diego Maradona juga ikut-ikutan mencicipi kompetisi tanah air.


Atau, tidak sekalian tulis saja Alfredo Di Stefano dan Johan Cruyff gabung Persebaya dan mereka kini ditangani oleh Matt Busby?   



Share on: