Breaking News
Sepi Penonton, Ketua PSSI Berdalih Lawan Tak Terkenal Dan Akan Edukasi Supporter     Dipermalukan Indonesia, Pelatih Curacao: Di Laga Kedua Kami Tunjukkan Level Sesungguhnya     Rekor Fantastis Curacao vs Negara Asia, Tapi Indonesia Berpeluang Besar Cukur Curacao     ANALISIS | Kenapa Fachruddin Masih Dipanggil ke Timnas yang Makin Muda?     Elkan Baggott Berminat Bela Klub Indonesia, Tapi Setelah Mengejar Mimpi Di Inggris    
Sebelum Terjun di Liga 1, Pemain dan Manajemen Persela Sowan Ke Para Sesepuh
14 September 2020 | 07:30 WIB oleh Amirul Mukminin
Liga1 - @Bola.com ± 2 tahun yang lalu
565   x
Share on:
(Sebelum Terjun di Liga 1, Pemain dan Manajemen Persela Sowan Ke Para Sesepuh) - @Bola.com -
Keterangan gambar : Sebelum Terjun di Liga 1, Pemain dan Manajemen Persela Sowan Ke Para Sesepuh (Sumber gambar:@Bola.com)

Spiritual ala Persela: Sowan ke Kiai dan Pesantren Jelang Bertarung di Shopee Liga 1


Liga123 - Persela Lamongan mengadakan kunjungan ke dua pondok pesantren di Lamongan, Sabtu (12/9/2020). Ini menjadi tradisi klub berjulukan Laskar Joko Tingkir itu sebelum tampil dalam kompetisi Shopee Liga 1 2020.


Pertama, mereka mendatangi KH Aziz Choiri, pendiri sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Al Ma’ruf. Aziz Choiri juga merupakan Ketua MUI Lamongan dan kiai sepuh di Kota Soto. Berikutnya, rombongan Persela berkunjung ke Pondok Pesantren Sunan Drajat asuhan KH Abdul Ghofur.


Dalam kunjungan ini, Pelatih (juru taktik) Nilmaizar dan CEO Yuhronur Efendi turut dalam rombongan. Tak ketinggalan ada lima pemain yang jadi perwakilan pula. Di antaranya adalah Eky Taufik, Birrul Walidain, Riyatno Abiyoso, Sugeng Efendi, hingga Reky Rahayu. 


Mereka meminta doa kepada para kiai sepuh itu agar Persela melakoni kompetisi dengan lancar. 


“Ini sudah jadi tradisi Persela sebelum memulai kompetisi. Sebelumnya juga begitu, hanya saja tidak disorot. Bagi kami, bertemu dengan dua tokoh di Lamongan itu perlu untuk mengikat tali silaturahmi,” ucap Andika Hangga, media officer Persela, kepada Bola.com.


Persela selama ini memang dekat dengan dunia pesantren. Dua musim sebelumnya, mereka biasanya mengadakanacara bertajuk “Persela Berselawat” sebelum digelarnya kompetisi. 


Doa Bersama


Dalam acara itu, biasanya para kiai di Lamongan turut diundang dan berdoa bersama. Masyarakat Lamongan juga hadir untuk memanjatkan harapan demi prestasi klub kebanggaan mereka.


Acara “Persela Berselawat” juga dibarengi dengan launching tim yang memperkenalkan Skuad musim tersebut. Sayang, pandemi COVID-19 membuat Persela tidak bisa melanjutkan acara seperti itu pada tahun itu. 


“Kami sudah sepakat untuk tidak ada launching tim. Kondisinya masih seperti ini, makanya kami mendatangi langsung kiai-kiai sepuh. Setiap tahun, kunjungan kami juga bisa berbeda-beda,” imbuh Andik Hangga. 


Persela bakal berjumpa Persik Kediri pada minggu keempat dalam lanjutan Shopee Liga 1 2020. Mereka menjamu tamunya di Stadion Surajaya, Lamongan, Minggu (3/10/2020).



Share on: