Breaking News
Sepi Penonton, Ketua PSSI Berdalih Lawan Tak Terkenal Dan Akan Edukasi Supporter     Dipermalukan Indonesia, Pelatih Curacao: Di Laga Kedua Kami Tunjukkan Level Sesungguhnya     Rekor Fantastis Curacao vs Negara Asia, Tapi Indonesia Berpeluang Besar Cukur Curacao     ANALISIS | Kenapa Fachruddin Masih Dipanggil ke Timnas yang Makin Muda?     Elkan Baggott Berminat Bela Klub Indonesia, Tapi Setelah Mengejar Mimpi Di Inggris    
Eks Pelatih Timnas Asal Brasil Sebut Para Pemain Timnas U-19 Sudah Berada Dijalur yang Benar
14 Oktober 2020 | 15:38 WIB oleh Amirul Mukminin
TimnasIndonesia - @kompas.com ± 2 tahun yang lalu
784   x
Share on:
(Eks Pelatih Timnas Asal Brasil Sebut Para Pemain Timnas U-19 Sudah Berada Dijalur yang Benar) - @kompas.com - Mantan asisten pelatih timnas Indonesia, Fabio Oliveira.
Keterangan gambar : Eks Pelatih Timnas Asal Brasil Sebut Para Pemain Timnas U-19 Sudah Berada Dijalur yang Benar Mantan asisten pelatih timnas Indonesia, Fabio Oliveira. (Sumber gambar:@kompas.com)

Budaya Instan Masih Kental - Ingat, Tim Nasional U-19 Butuh Waktu


Liga123 - Mantan Asisten Pelatih (juru taktik) Tim Nasional Indonesia, Fabio Oliveira, memberi pujian kepada Shin Tae-yong yang berhasil membawa perkembangan positif untuk Tim Nasional U-19.


Dia merasa Tim Nasional U-19 bersama Shin Tae-yong sudah berada di jalur yang benar.


Kendati Demikian, dia mengingatkan kembali kepada penikmat Sepakbola Indonesia untuk tidak berekspektasi terlalu tinggi dahulu.


Sebab, progres perkembangan pemain berjalan secara bertahap dan jauh dari kata selesai.


" Tim Nasional masih butuh waktu. Budaya 'instan' masih kental di Sepakbola kita," ujar Pelatih (juru taktik) asal Brasil itu kepada Kompas.com.


Fabio Oliveira berbicara, Shin Tae-yong sedang merombak ulang Tim Nasional U-19, dimulai dari yang paling dasar, yakni fisik pemain.


Fisik adalah fondasi sekaligus modal paling utama untuk menerapkan permainan yang diinginkan.


Ketika fisik dirasa sudah memenuhi kriteria, permainan secara kolektif pun akan lebih mudah.


Dilain sisi, dengan fisik yang mumpuni, Pelatih (juru taktik) pun bebas menerapkan strategi yang dibutuhkan.


"Fisik menjadi prioritas Shin Tae-yong. Dia ingin pemain bisa bermain dengan intensitas yang baik selama 90 menit," ucap eks Asisten Pelatih (juru taktik) Persela Lamongan itu.


Fabio Oliveira sedikit banyak tahu arah tujuan Shin Tae-yong.


Pengalamannya menukangi tim divisi 3 Korea Selatan, Pyeongtaek Citizen FC, membuatnya memiliki banyak wawasan gaya para Pelatih (juru taktik) Negeri Ginseng.


Yang pasti, berdasarkan pengalaman dan pengamatannya, perlahan Shin Tae-yong mengangkat Tim Nasional ke level yang berbeda, baik secara tim maupun individu pemain.


"Sedikit demi sedikit pemain mulai menunjukkan perkembangan yang baik," ungkapnya.


"Bukan hanya terus bergerak, melainkan juga tahu kapan harus bergerak dan ke mana harus bergerak," ujar Pelatih (juru taktik) yang mulai merintis karier di Indonesia sebagai pemain sejak 1996 itu.



Share on: