Breaking News
Pertahankan Skuad Juara, Inilah Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17     Ondrej Kudela: Saya Tidak Ragu Untuk Membawanya Ke Republik Ceko     Dimas Drajad Bersiap Bawa Timnas Indonesia Juara AFF 2022, Baggott Terancam Absen     BLV Quang Huy : Indonesia Era STY Sangat Sulit Dikalahkan     Sepi Penonton, Ketua PSSI Berdalih Lawan Tak Terkenal Dan Akan Edukasi Supporter    
Jika Liga 1 Dilanjutkan Pada Januari, Ini Respon PSIS
18 Oktober 2020 | 11:46 WIB oleh Amirul Mukminin
Liga1 - @Bolasport.com ± 2 tahun yang lalu
298   x
Share on:
(Jika Liga 1 Dilanjutkan Pada Januari, Ini Respon PSIS) - @Bolasport.com - CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi
Keterangan gambar : Jika Liga 1 Dilanjutkan Pada Januari, Ini Respon PSIS CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi (Sumber gambar:@Bolasport.com)

Usulan PSIS Semarang untuk PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) Andai saja Liga 1 Dilanjutkan Januari 2021


Liga123 - Dalam acara webinar tentang 'Kompetisi, antara Bisnis dan Kemanusiaan', Sabtu (17/10/2020), banyak hal yang dibahas mengenai Sepakbola Indonesia di sana.


Termasuk pendapat para sosok penting di balik SepakbolaIndonesia tentang bergulirnya Liga 1 di tengah pandemi COVID-19.


Salah satu yang menjadi pembicara dalam acara tersebut adalah sang CEO PSIS Semarang, yaitu Yoyok Sukawi.


Menurut Yoyok Sukawi, PSIS Semarang sebelumnya menjadi tim pertama yang menolak bergulirnya kembali Liga 1 2021.


Banyak pertimbangan yang membuat PSIS mengambil keputusan tersebut.


Yang paling terasa tentu saja mengenai finansial klub.


Kendati Demikian karena saat ini sudah lama berlalu, ia mengakui sudah terlanjur dan berharap Liga 1 2021 dapat bergulir kembali.


"Sebetulnya PSIS Semarang merupakan klub pertama yang menolak berjalannya kembali liga. Banyak pertimbangan dari mulai kesehatan, finansial dan sebagainya, tapi sekarang itu sudah bulan Oktober, jadi kerugian kami sudah dititik terberat. Jadi kalau mau berhenti sekarang sudah nanggung," tuturnya dalam webinar yang juga dihadiri oleh Bolasport.com.


Saat ini Liga 1 2021 direncanakan akan kembali bergulir pada 1 November mendatang.


Hanya hingga saat ini Liga 1 2021 masih belum memiliki izin dari Kepolisian Republik Indonesia.


Andai saja ternyata nanti Liga 1 2021 kembali ditunda, PSIS Semarang mempunyai usulan yang dapat dipertimbangkan.


Salah satu usulannya adalah sang federasi Sepakbola Indonesia, yaitu PSSI dan operator liga, PT Liga Indonesia Baru (LIB), mengeluarkan sebuah surat keputusan tentang pemberian kompensasi kepada pemain atau ofisial tim.


Hal itu perlu dilakukan agar pemain dan ofisial mendapatkan haknya meski liga tidak bergulir atau lama bergulir kembali.


"Tetapi jika memang tidak ada kepastian, kami meminta ke PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan sudah dibicarakan juga di internal serta menjadi opsi. Usulan kami adalah jika tahun ini tidak ada atau liga ditunda hingga Januari, selama menunggu, pemain diliburkan dengan catatan PSSI mengeluarkan surat keputusan memerintahkan klub memberikan kompensasi berapa persen," ungkapnya.


Ia juga mengucapkan, dengan begitu maka pemain dan ofisial tidak perlu khawatir tak mendapatkan apapun.


Di sana juga perlu disebutkan berapa kompensasi yang harus diberikan oleh klub untuk pemain dan ofisial.


"Setidaknya pemain tetap mendapatkan pemasukan berapa persen meski diam di rumah. Lalu liga dilanjutkan lagi Januari, karena sudah tidak ada pilkada dan gelombang COVID-19 diharapka  sudah sedikit dan semoga obat sudah ditemukan. Kalau begitu tidak masalah kompetisi dibuat dua wilayah atau menjadi satu putaran," tuturnya.



Share on: