Breaking News
Sepi Penonton, Ketua PSSI Berdalih Lawan Tak Terkenal Dan Akan Edukasi Supporter     Dipermalukan Indonesia, Pelatih Curacao: Di Laga Kedua Kami Tunjukkan Level Sesungguhnya     Rekor Fantastis Curacao vs Negara Asia, Tapi Indonesia Berpeluang Besar Cukur Curacao     ANALISIS | Kenapa Fachruddin Masih Dipanggil ke Timnas yang Makin Muda?     Elkan Baggott Berminat Bela Klub Indonesia, Tapi Setelah Mengejar Mimpi Di Inggris    
Jawab Kritikan IPW, Indra Sjafri Pastikan Piala Menpora dan Liga 1 Akan Kedepankan Prokes
05 Maret 2021 | 04:52 WIB oleh Amirul Mukminin
SepakbolaNasional - @Indosport.com ± 2 tahun yang lalu
131   x
Share on:
(Jawab Kritikan IPW, Indra Sjafri Pastikan Piala Menpora dan Liga 1 Akan Kedepankan Prokes) - @Indosport.com - Indra Sjafri Direktur Tehnik Timnas Indonesia
Keterangan gambar : Jawab Kritikan IPW, Indra Sjafri Pastikan Piala Menpora dan Liga 1 Akan Kedepankan Prokes Indra Sjafri Direktur Tehnik Timnas Indonesia (Sumber gambar:@Indosport.com)

Tak Ambil Pusing Kritik IPW, PSSI Pastikan Piala Menpora dan Liga Bergulir

Liga123 - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, menegaskan Piala Menpora 2021 dan Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 tahun ini tetap bergulir. Hal itu sekaligus menjawab kritikan Indonesia Police Watch (IPW) yang menilai pertandingan (turnamen maupun liga) akan jadi cluster baru penyebaran Covid19.

Menurut Indra Sjafri, jika Piala Menpora dan Liga 1, 2 dan 3 tidak bergulir, maka pemain, Pelatih, wasit, dan ofisial tim akan kehilangan pendapatan. Bahkan, hal itu bisa membuat pemain dan Pelatih (juru taktik) kehilangan sentuhan teknis. 

"Turnamen Piala Menpora 2021 dan kompetisi Liga 1 dan 2  juga akan berjalan. Karena dengan adanya kompetisi pembinaan akan terjadi dan muaranya ke Tim Nasional Indonesia. Dilain sisi, banyak orang yang menggantungkan rezeki di sektor Sepakbola seperti pemain, Pelatih (juru taktik) panpel, dan lain-lain," ujarnya dalam rilis PSSI.

Pelaksanaan Piala Menpora 2021 telah mendapat restu dan izin dari kepolisian. PSSI juga bekerja sama dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB), Kemenpora dan kepolisian untuk merumuskan aturan yang ditetapkan pada kejuaraan pramusim itu.

Kedepankan Prokes

PSSI, LIB, Kemenpora dan kepolisian sepakat mengedepankan protokol kesehatan sebelum bertanding. Pemeriksaan kesehatan atau tes swab bagi pemain dan semua orang yang terlibat di pertandingan jadi hal wajib.

Dilain sisi, penonton pun tidak diizinkan datang ke stadion ataupun melakukan nonton bareng (nobar). Andai saja kesepakatan itu dilanggar, maka kepolisian bisa saja mencabut izin pertandingan di tengah turnamen.

"Ini lebih buruk pengaruhnya daripada ketika diberi sanksi oleh FIFA pada 2015. Padahal saat itu PSSI bisa membuat turnamen Piala Bhayangkara, Piala Presiden, dan Piala Sudirman. Tetapi, itu tidak cukup. Itu sebabnya kompetisi harus berjalan," ujar Indra Sjafri menyoal situasi Sepakbola yang vakum akibat pandemi.

PSSI menyatakan, gelaran Piala Menpora 2021 akan jadi pembelajaran dan tolak ukur menerapkan protokol kesehatan sebelum memulai Liga 1, 2 maupun 3. Andai saja kejuaraan pramusim itu berjalan sukses, maka PSSI bisa mendapat izin dari kepolisian untuk menggulirkan kompetisi.


Share on: