Breaking News
Pertahankan Skuad Juara, Inilah Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17     Ondrej Kudela: Saya Tidak Ragu Untuk Membawanya Ke Republik Ceko     Dimas Drajad Bersiap Bawa Timnas Indonesia Juara AFF 2022, Baggott Terancam Absen     BLV Quang Huy : Indonesia Era STY Sangat Sulit Dikalahkan     Sepi Penonton, Ketua PSSI Berdalih Lawan Tak Terkenal Dan Akan Edukasi Supporter    
Lika-Liku Karir Alie Sesay, Jebolan Liga Inggris yang Kini Gabung dengan Persebaya
14 Juni 2021 | 06:06 WIB oleh Amirul Mukminin
Liga1 - @Indosport.com ± 2 tahun yang lalu
1 k   x
Share on:
(Lika-Liku Karir Alie Sesay, Jebolan Liga Inggris yang Kini Gabung dengan Persebaya) - @Indosport.com - Resmi, Persebaya Surabaya Rekrut Mantan Pemain Leicester City dan Arsenal.
Keterangan gambar : Lika-Liku Karir Alie Sesay, Jebolan Liga Inggris yang Kini Gabung dengan Persebaya Resmi, Persebaya Surabaya Rekrut Mantan Pemain Leicester City dan Arsenal. (Sumber gambar:@Indosport.com)

Profil Alie Sesay, Eks Leicester City yang Merapat ke Persebaya di Liga 1 2021

Liga123 - Melihat profil serta statistik Alie Sesay, eks pemain bertahan Leicester City yang kini merapat ke Persebaya Surabaya jelang Liga 1 2021. Bakal jadi pilihan tepat buat Bajul Ijo?

Persebaya Surabaya sendiri sebelumnya memang telah resmi memperkenalkan rekrutan anyar mereka bernama Alie Sesay, jelang bergulirnya kompetisi kasta tertinggi Indonesia atau Liga 1 2021.

Pemain berusia 26 tahun itu resmi menandatangani kontrak di Persebaya pada Sabtu (12/6/2021) siang WIB. Ia akan memperkuat tim besutan Pelatih (juru taktik) Aji Santoso hingga 2022 mendatang.

"Alie Sesay menandatangani kontrak dengan Persebaya untuk musim 2021-2022," tulis Instagram resmi Persebaya.

"Ia sebelumnya pernah membela Leicester City dan beberapa klub Eropa lainnya," tambah keterangan tersebut.

Usai diperkenalkan secara resmi, Alie Sesay langsung gabung latihan bersama pemain lainnya. Sang pemain mengaku, jika dirinya sudah semangat ingin bergabung latihan dengan Rendi Irwan dan kolega. Semangat latihannya, juga didukung dengan kondisi fisiknya yang prima.

Dokter tim Persebaya, Pratama Wicaksana, ternyata mengamininya. Pemain Tim Nasional Sierra Leone itu memang prima, bahkan jika dibandingkan dengan legiun asing yang lain, kondisi Alie Sesay berada di urutan paling atas.

"Dia kondisinya sangat bagus. Terakhir main tanggal 20-an, dan dia bermain selama 90 menit," ujar dokter yang akrab disapa Tommy itu.

Sebenarnya, kondisi Alie Sesay sudah banyak terpantau Pelatih (juru taktik) Persebaya Surabaya, Aji Santoso, bahkan sebelum pemain ini tiba di Indonesia dan bergabung bersama Bajul Ijo.

"Saya juga sama dia komunikasi sangat bagus, bahkan kondisi Alie bagus dari pada Wilkson karena dia pada bulan kemarin selesai kompetisi," ujar Pelatih (juru taktik) 41 tahun itu menjelaskan kondisi pemain anyarnya.

Dengan ketambahan Alie Sesay, maka sejauh ini Persebaya sudah mengumpulkan empat legiun asing jelang Liga 1 2021. Keempat pemain tersebut adalah Taisei Marukawa (Jepang), Jose Wilkson dan Bruno Soares (Brazil) serta terakhir Alie Sesay (Sierra Leone).

Sama seperti edisi sebelumnya, berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas profil singkat Alie Sesay sebagai rekrutan baru Persebaya sebelum sang pemain debut di Liga Indonesia.

Awal Karier

Lahir di Enfield, Inggris, awal karier Sepakbola Alie Sesay bermula saat ia masuk dalam akademi Arsenal hingga tahun 2010. Dirinya baru mulai pindah ke Leicester di tahun 2010 hingga 2016.

Selama tiga tahun awal, Alie Sesay mengenyam pendidikan Sepakbola di akademi Leicester City sebelum akhirnya dapat kontrak profesional bersama The Foxes tahun 2013.

Kendati Demikian sayang, diusia yang masih sangat belia saat itu (19 tahun), Alie Sesay jarang dapat kesempatan tampil bersama tim utama dan lebih banyak main untuk tim U-21.

Bahkan di awal masa kedatangannya, Alie Sesay sempat dipinjamkan ke klub League One atau kasta ketiga Liga Inggris, Colchester United. Baru memainkan tiga laga, Alie Sesay langsung ditarik kembali ke Leicester City.

Total pada musim 13/14 hingga 15/16, Alie Sesay berhasil tampil dalam 49 pertandingan buat Leicester City U21 di gelaran Premier League 2. Di tiap musim tersebut, Alie Sesay beberapa kali dipercaya mengemban jabatan kapten.

Gagal dapatkan kesempatan tampil bersama tim utama Leicester, akhirnya Alie Sesay hijrah secara permanen ke klub League Two, Barnet FC. Hanya memainkan 20 laga selama dua musim, bek bertinggi 183 cm ini kembali pindah klub.

Melanglang di Eropa

Andai saja di musim-musim sebelumnya Alie Sesay lebih banyak habiskan karier di Inggris, pada tahun 2017 dirinya membuat keputusan berani dengan pindah ke IK Frej, salah satu klub yang mentas di kasta kedua Liga Swedia.

Selama dua musim, Alie Sesay berhasil cetakan 42 pertandingan dengan torehan dua gol buat IK Frej. Dilain sisi, di tahun pertamanya di Swedia, ia sukses membawa IK Frej terhindar dari jurang degradasi.

Karier Alie Sesay kembali pindah-pindah, mulai dari memperkuat Chania Kissamikos di Liga Yunani, Arda Kardzhali (Liga Bulgaria) hingga hingga ke Liga Azerbaijan bersama Zira dan Sabail.

Kiprah di Tim Nasional

Meski lahir di Inggris, namun Alie Sesay tercatat sebagai pemain dari Tim Nasional Sierra Leone dan berhasil tampil sebanyak delapan kali, sejak pertama kali debut dalam pertandingan kualifikasi Piala Afrika 2015 melawan Kamerun pada 11 Oktober 2014.

Terakhir kali Alie Sesay tampil untuk Tim Nasional Sierra Leone terjadi pada 13 November 2020, tepatnya di gelaran Kualifikasi Piala Afrika saat menghadapi Nigeria.


Share on: