Breaking News
Pertahankan Skuad Juara, Inilah Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17     Ondrej Kudela: Saya Tidak Ragu Untuk Membawanya Ke Republik Ceko     Dimas Drajad Bersiap Bawa Timnas Indonesia Juara AFF 2022, Baggott Terancam Absen     BLV Quang Huy : Indonesia Era STY Sangat Sulit Dikalahkan     Sepi Penonton, Ketua PSSI Berdalih Lawan Tak Terkenal Dan Akan Edukasi Supporter    
Mengenal Shayne Pattynama, Bek Jebolan Ajax yang Dikaitkan dengan Timnas Indonesia
18 Juni 2021 | 05:00 WIB oleh Amirul Mukminin
TimnasIndonesia - @Indosport.com ± 2 tahun yang lalu
1 k   x
Share on:
(Mengenal Shayne Pattynama, Bek Jebolan Ajax yang Dikaitkan dengan Timnas Indonesia) - @Indosport.com - Shayne Pattynama pemain keturunan Indonesia-Belanda
Keterangan gambar : Mengenal Shayne Pattynama, Bek Jebolan Ajax yang Dikaitkan dengan Timnas Indonesia Shayne Pattynama pemain keturunan Indonesia-Belanda (Sumber gambar:@Indosport.com)

Bedah Potensi Shayne Pattynama, Bek Liga Norwegia yang Siap Bela Tim Nasional Indonesia

Liga123 -  Melihat statistik serta potensi Shayne Pattynama, salah satu pemain bertahan dari Liga Norwegia yang diberitakan siap membela Tim Nasional Indonesia. Pilihan cocok buat skuad Garuda?

Dimana Sebelumnya, nama bek keturunan Belanda-Indonesia yang membela Viking FK, Shayne Pattynama memang sedang ramai dibicarakan, usai sang pemain diketahui telah melempar kode keras untuk bergabung dengan Tim Nasional Indonesia.

Hal itu diketahui dari postingan di media sosial Instagram milik pemain Naturalisasi Indonesia, Jhonny Van Beukering yang diunggah pada, Rabu (16/06/21). Dalam postingan tersebut, Jhonny memperlihatkan percakapannya dengan Shayne Pattynama.

"Selamat malam sobat, apakah Anda tertarik bermain di Tim Nasional Indonesia? Saya dapat membantu menyampaikannya jika Anda benar-benar ingin bermain dengan Tim Nasional Indonesia," tanya Jhonny Van Beukering.

Tak disangka, pesan Jhonny Van Beukering ternyata dibalas Shayne Pattynama. Tanpa basa-basi, Shayne langsung mengutarakan rasa ketertarikannya untuk bergabung dengan Tim Nasional Indonesia.

"Hei! Saya pasti tertarik! Agen saya adalah Fardy Bachdim dan dia sudah mengerjakannya! Makalah sudah dikirim!" jawab pemain berusia 22 tahun tersebut.

Shayne Pattynama bahkan menegaskan bahwa sang agen kini sudah mulai mengurus proses Naturalisasinya. Pemain Viking FK itu mempercayakan proses Naturalisasinya kepada Fardy Bachdim, saudara Irfan Bachdim yang dikenal sebagai salah satu agen pemain ternama.

Peluang Shayne Pattynama memperkuat Tim Nasional Indonesia sendiri memang terbilang cukup terbuka lebar, apalagi baru-baru ini PSSI juga telah merampungkan proses kewarganegaraan satu pemain keturunan, Ezra Walian, sehingga bintang Persib itu bisa sah berseragam Merah-Putih.

Bahkan, PSSI melalui Sekretaris Jenderal (Sekjen), Yunus Nusi, beberapa waktu lalu juga menjelaskan jika Tim Nasional Indonesia masih membuka kesempatan kepada pemain keturunan untuk membela Tim Nasional, jika tim Pelatih (juru taktik) memang membutuhkannya.

"Terkait proses Naturalisasi pemain lainnya, kami masih menunggu rekomendasi dan road-map dari Pelatih (juru taktik) Shin Tae-yong. Saat ini, dia dan pemain Tim Nasional Indonesia masih menjalani karantina sesuai tiba dari Dubai, UEA, pada Sabtu 12 Juni 2021 kemarin," ungkap Yunus Nusi dikutip dari laman resmi PSSI, Senin (14/6/2021).

Walau belum ada keterangan resmi terkait isu Naturalisasi Shayne Pattynama, namun kedatangan jebolan Ajax tersebut diprediksi bakal menambah kokoh pertahanan Tim Nasional Indonesia.

Lantas, seperti apakah rapor penampilan Shayne Pattynama di musim-musim sebelumnya? Serta, cocokkah gaya main sang fullback untuk skuad Garuda? Lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT coba merangkum:

Awal Karir

Memulai karir bersama SV Lelystad '67 pada tahun 2004 hingga 2007, kiprah Shayne Pattynama langsung tercium tim besar Ajax dan memboyongnya ke skuad muda, Jong Ajax tahun 2007.

Dua musim membela Jong Ajax, sang wing back kiri ini kembali pindah ke tim Utrecht hingga akhirnya jalani debut di Eerste Divisie atau kasta kedua Liga Belanda bersama Jong Utrecht tahun 2017.

Bersama tim satelit Utrecht, Shayne Pattynama mampu bermain dalam 41 pertandingan dan mencetak satu gol selama dua musim. Sebelum debut di Eerste Divisie, Shayne Pattynama lebih dulu meraih gelar juara Liga Eredivisie U-17 2015 bersama Utrecht U-17.

Karier professional Shayne Pattynama di tim senior akhirnya terjadi saat dirinya hengkang ke SC Telstar, pada musim 2019/20. Dua tahun di Rabobank IJmond Stadion, Shayne berhasil tampil impresif dengan torehkan 48 caps plus 5 gol di semua kompetisi.

Puncaknya, Shayne Pattynama membuat tim raksasa Liga Norwegia, Eliteserien kepincut meminangnya pada 16 Maret 2021 silam. Baru tampil lima pertandingan, bek potensial ini langsung cetak gol dan membawa timnya menang telak 4-1.

Potensi dan Gaya Main

Shayne Pattynama sendiri merupakan pemain yang bisa memainkan peran di beberapa posisi. Kendati Demikian posisi asli sang pemain menurut laporan Transfermarkt, selain sebagai bek tengah, juga bisa berperan di pos bek kanan, gelandang tengah, gelandang bertahan, gelandang serang, bahkan winger.

Kendati Demikian, ia lebih sering dimainkan sebagai bek kiri dengan catatan bermain sebanyak 27 kali (satu gol dan dua assist) dan gelandang tengah (satu gol dan satu assist).

Dengan kelebihan ini, Shayne Pattynama bisa jadi opsi buat Tim Nasional Indonesia jika ingin bertahan dengan memainkanya di sektor fullback, atau menjaga ball possesion dengan menempatkannya di posisi holding midfielder.


Share on: