Breaking News
Pertahankan Skuad Juara, Inilah Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17     Ondrej Kudela: Saya Tidak Ragu Untuk Membawanya Ke Republik Ceko     Dimas Drajad Bersiap Bawa Timnas Indonesia Juara AFF 2022, Baggott Terancam Absen     BLV Quang Huy : Indonesia Era STY Sangat Sulit Dikalahkan     Sepi Penonton, Ketua PSSI Berdalih Lawan Tak Terkenal Dan Akan Edukasi Supporter    
Illuzion II MADA, Bola Resmi Liga 1 dan Liga 2 yang Kental dengan Filosofi Nusantara
19 Juni 2021 | 06:23 WIB oleh Amirul Mukminin
SepakbolaNasional - @Skor.Id ± 2 tahun yang lalu
325   x
Share on:
(Illuzion II MADA, Bola Resmi Liga 1 dan Liga 2 yang Kental dengan Filosofi Nusantara) - @Skor.Id - Illuzion II MADA bola resmi yang akan digunakan di Liga 1 dan liga 2 musim ini
Keterangan gambar : Illuzion II MADA, Bola Resmi Liga 1 dan Liga 2 yang Kental dengan Filosofi Nusantara Illuzion II MADA bola resmi yang akan digunakan di Liga 1 dan liga 2 musim ini (Sumber gambar:@Skor.Id)

Bola Resmi Liga 1 dan Liga 2 Musim Ini Terinspirasi Gajah Mada dan Majapahit

Liga123 - Liga 1 2021-2022 dan Liga 2 2021 akan dimulai kurang dari satu bulan lagi, yakni 10 Juli 2021 dan dua minggu kemudian.

Meski belum diumumkan secara resmi oleh operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB), apparel olahraga Specs telah merilis bola resmi untuk Liga 1 dan Liga 2 musim ini.

Dalam keterangan resmi di akun IG/Instagram Specs Indonesia, bola yang akan dipakai pada Liga 1 dan Liga 2 musim ini diberi nama Illuzion II MADA.

Bola tersebut telah melewati berbagai uji kelayakan standar FIFA Quality Pro dalam proses developnya.

Dilain sisi, teknologi unggulan dari Illuzion II MADA Match Ball adalah konfigurasi 8 panel yang ikonik dan eksklusif yang meminimalisir retensi udara.

Penggunaan metode laminasi Thermo-Bonding, tanpa jahitan untuk bentuk yang konsisten, kemampuan menolak air, bola yang lebih bulat, juga daya tahan bentuk yang tinggi.

Material PU dengan laminasi TPE yang mengoptimalkan daya tahan, namun tetap memiliki permukaan yang lembut untuk sentuhan lebih natural dan kemampuan mempertahankan tekanan udara lebih lama.

Illuzion II MADA terinspirasi dari nama panglima perang Majapahit, Gajah Mada, dan grafis baru yang menggambarkan kekayaaan alam dan keanekaragaman budaya Indonesia.

Illuzion II MADA juga dipersembahkan untuk merayakan bersatunya Nusantara melalui Sepakbola.

Adapun sebelumnya, SPECS juga telah menjadi sponsor penyedia bola untuk Liga 1 2021 yang diberi nama Illuzion II.

Itu adalah untuk pertama kalinya dalam sejarah, kompetisi kasta tertinggi Sepakbola Indonesia menggunakan match ball buatan apparel lokal, asli Indonesia.

Menurut Senior Brand Manager Specs, Iwan Saktiawan, tidak mudah bagi mereka untuk memproduksi bola dengan standar tinggi FIFA. Specs butuh waktu hingga sembilan bulan.

Itu dimulai dari proses pengajuan, tes kelayakan, sampai tahapan produksi. Bahkan, pabrik yang dipilih untuk produksi bola berstandar FIFA ini tak sembarang.

Bola yang boleh dipergunakan untuk turnamen resmi atau kompetisi di sejumlah negara harus dibuat di pabrik yang sudah mendapatkan rekomendasi FIFA.

Dengan kata lain, proses untuk bisa mendapat lisensi dari FIFA sangat panjang. Setelah lolos, bola tersebut pun mendapat tanda khusus berupa kode.

Material dan kualitas Illuzion II MADA bahkan bisa disejajarkan dengan bola yang dipakai dalam kompetisi-kompetisi Eropa dari apparel besar macam Nike atau Adidas.


Share on: