Breaking News
Pertahankan Skuad Juara, Inilah Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17     Ondrej Kudela: Saya Tidak Ragu Untuk Membawanya Ke Republik Ceko     Dimas Drajad Bersiap Bawa Timnas Indonesia Juara AFF 2022, Baggott Terancam Absen     BLV Quang Huy : Indonesia Era STY Sangat Sulit Dikalahkan     Sepi Penonton, Ketua PSSI Berdalih Lawan Tak Terkenal Dan Akan Edukasi Supporter    
Deretan Fakta Menarik Tentang Timnas Taiwan
25 Juni 2021 | 19:21 WIB oleh Amirul Mukminin
SepakbolaAsia - @Vockerfc.com ± 2 tahun yang lalu
7 k   x
Share on:
(Deretan Fakta Menarik Tentang Timnas Taiwan) - @Vocketfc.com - Skuad Timnas Taiwan di Kualifikasi Pra Piala Dunia 2022
Keterangan gambar : Deretan Fakta Menarik Tentang Timnas Taiwan Skuad Timnas Taiwan di Kualifikasi Pra Piala Dunia 2022 (Sumber gambar:@Vocketfc.com)

3 Fakta Tim Nasional Taiwan, Pelatihnya Punya Hubungan Darah Dengan Indonesia

Liga123 - Tim Nasional Indonesia akan menghadapi Taiwan di babak play-off Piala Asia 2023. Duel itu akan dilaksanakan secara home-away pada 7 September dan 12 Oktober 2021.

Menjelang pertandingan itu, ada beberapa fakta menarik yang perlu diketahui diketahui oleh publik Sepakbola Tanah Air. Salah satunya adalah sosok Pelatih (juru taktik) lawan.

Pelatih (Juru Taktik) Tim Nasional Taiwan, Vom Ca-nhum, masih memiliki darah Indonesia yang mengalir dalam tubuhnya. Itu dikarenakan ibunya berasal dari Timor Timur, wilayah yang kini menjadi negara sendiri dan berganti nama menjadi Timor Leste.

Untuk selengkapnya, berikut tiga fakta menarik dari Tim Nasional Taiwan :

1. Pelatih (Juru Taktik) Taiwan masih punya hubungan darah dengan Indonesia

Vom Ca-nhum lahir pada 1965 di Timor Leste. Ibunya berasal dari Timor Leste, sementara ayahnya adalah orang Taiwan. Oleh karena itu, dia kini menjadi warga negara Taiwan.

Sebagai informasi, saat Vom Ca-nhum lahir, Timor Leste masih bernama Timor Timur yang merupakan kepulauan miliki negara Republik Indonesia.

Barulah pada 28 November 1975, Timor Timur menjadi negara sendiri dengan nama Timor Leste.

2. Ranking FIFA jauh di atas Indonesia

Taiwan bernasib miris di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tergabung di Grup B bersama Australia, Kuwait, Yordania, dan Nepal, mereka tidak meraih satu poin pun.

Meski demikian, ranking FIFA Taiwan masih berada cukup jauh di atas Indonesia. Taiwan berada di urutan 141, sementara Indonesia ada di posisi 173 dunia.

Ranking FIFA memang bukan jaminan untuk meraih kemenangan. Kendati Demikian, ranking FIFA bisa menjadi bukti bahwa Taiwan sempat memiliki Tim Nasional yang tangguh.

3. Pernah dibantai Tim Nasional Indonesia

Taiwan sudah enam kali berhadapan dengan Tim Nasional Indonesia. Hasilnya, mereka hanya dua kali berhasil meraih kemenangan, sementara empat laga lainnya menjadi milik Indonesia.

Kemudian di gelaran Asian Games 2018, Taiwan dibantai empat gol tanpa balas oleh Indonesia. Kendati Demikian, perlu diketahui, itu terjadi 2,5 tahun silam dan generasi tim Merah-Putih saat itu dengan sekarang juga sudah berbeda.

Tim Nasional Indonesia wajib meraih kemenangan atas Taiwan untuk bisa menjaga asa tampil di Piala Asia 2023. Andai saja menang, Skuad Garuda akan melengkapi daftar 24 tim yang akan bermain di kualifikasi ajang itu.


Share on: