Breaking News
Pertahankan Skuad Juara, Inilah Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17     Ondrej Kudela: Saya Tidak Ragu Untuk Membawanya Ke Republik Ceko     Dimas Drajad Bersiap Bawa Timnas Indonesia Juara AFF 2022, Baggott Terancam Absen     BLV Quang Huy : Indonesia Era STY Sangat Sulit Dikalahkan     Sepi Penonton, Ketua PSSI Berdalih Lawan Tak Terkenal Dan Akan Edukasi Supporter    
Jelang Laga Melawan Vietnam: Cahya Supriadi Membaik, Hokky Caraka Bertekad Tuntaskan Dendam
18 September 2022 | 13:00 WIB oleh Muhammad
TimnasIndonesia - @CNNIndonesia ± 18 hari yang lalu
69   x
Share on:
(Jelang Laga Melawan Vietnam: Cahya Supriadi Membaik, Hokky Caraka Bertekad Tuntaskan Dendam) - @tvonenews - Cahya Supriadi Tampil Gemilang Saat Melawan Thailand, Kiper Timnas U-19 Dapat Pujian Thailand
Keterangan gambar : Jelang Laga Melawan Vietnam: Cahya Supriadi Membaik, Hokky Caraka Bertekad Tuntaskan Dendam Cahya Supriadi Tampil Gemilang Saat Melawan Thailand, Kiper Timnas U-19 Dapat Pujian Thailand (Sumber gambar:@tvonenews)

Cahya Supriadi Membaik, Kendati Demikian Kemungkinan Absen

Liga123ID - Kondisi kiper Tim Nasional Indonesia U-20 Cahya Supriadi membaik, namun pemain Persija Jakarta itu kemungkinan absen dalam laga terakhir Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang diadakan Minggu (18/9) malam.

Kepala tim Medis PSSI Syarif Alwi menyatakan kondisi Cahya dalam keadaan baik setelah diperiksa secara intensif.

"Setelah melalui observasi kemudian pemeriksaan CT Scan dan foto rontgen di kepala, serta dikonsultasikan dengan dokter bedah syaraf, hasilnya menunjukkan Cahya dalam keadaan baik. Saat ini kondisi Cahya dalam keadaan sadar dan stabil," ujar Syarif.

"Cahya sudah bisa makan pagi tadi, dan kami lakukan proses Magnetic Resonance Imaging (MRI). Setelah MRI balik lagi ke ruang observasi, setelah hasilnya keluar dan dibaca, siang ini bisa pindah ke kamar perawatan," sambungnya dikutip dari situs PSSI.

Kendati demikian Cahya disebut kemungkinan akan absen dalam laga menghadapi Vietnam yang juga merupakan partai penentu juara grup sekaligus kepastian mendapat tiket ke putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.

Cahya harus ditandu ke luar lapangan dalam laga Tim Nasional Indonesia U-20 vs Hong Kong, Jum'at (16/9). Ketika pertandingan memasuki menit ke-59, Cahya bertabrakan dengan Rahmat Beri Santoso. Tim medis lantas mengangkut Cahya dengan ambulans menuju rumah sakit.

Cahya selama ini dikenal sebagai kiper nomor satu di Tim Nasional Indonesia U-20. Sebelumnya Cahya sudah berada di bawah mistar skuad Merah Putih sejak Turnamen Toulon dan Piala AFF U-19.

Tanpa Cahya, Pelatih (juru taktik) sudah mempersiapkan Aditya Arya Nugraha sebagai deputi. Aditya sudah unjuk kemampuan ketika tampil sebagai pengganti Cahya di laga Indonesia vs Hong Kong U-20.

Aditya Arya berhasil menepis bola hasil tendangan penalti Hong Kong. Kendati Demikian Sayang, bola hasil tepisannya yang masih liar akhirnya dimaksimalkan Hong Kong menjadi gol.

"Jauh lebih baik dari dugaan saya dan performanya bagus juga. Meski ada satu kesalahan yang dilakukan, akan tetapi secara keseluruhan sangat baik," ujar Shin Tae-yong ketika ditemui di Surabaya.

Pernyataan itu menjadi sinyal dari Shin Tae-yong terkait siapa kiper yang akan tampil untuk Tim Nasional Indonesia U-20 saat melawan Vietnam nanti. Selain Aditya Arya, Shin Tae-yong juga masih punya Erlangga Setyo.


Hokky Caraka Bertekad Tuntaskan Dendam Kesumat Lawan Vietnam

Hokky mengakui, para pemain Tim Nasional U-20 masih belum melupakan sepenuhnya insiden laga aneh antara Vietnam dan Thailand di Piala AFF U-19 yang diadakan pada Juli 2022.

Diketahui, Indonesia harus rela tersingkir di babak penyisihan karena kalah head to head dari Vietnam dan Thailand yang bermain imbang 1-1 di laga terakhir.

Ketiga tim sebenarnya sama-sama mengemas tujuh poin namun Indonesia kalah head to head di klasemen mini. Yang jadi soal, Vietnam dan Thailand tak lagi berinisiatif menyerang di 10 menit akhir atau saat skor 1-1.

PSSI bahkan sempat mengirimkan surat kepada AFF untuk menindaklanjuti dugaan permainan tak sportif. Beberapa minggu kemudian AFF merespons dan menyatakan tak menemukan pelanggaran di laga Vietnam vs Thailand U-19.

"Rasa dendam itu mungkin ada tapi yang pasti kamu semua sebel karena mereka mainnya begitu. Tapi, kita tetap fokus terhadap permainan kita sendiri.

Hokky saat ini menjadi top skor Indonesia dengan koleksi tiga gol di Kualifikasi Piala Asia U-20. Seluruh gol tersebut tercipta ketika Indonesia menang 4-0 atas Timor Leste di laga perdana.

Caraka tak memedulikan siapa yang akan mencetak gol ke gawang Vietnam. Terpenting baginya adalah kemenangan bagi skuad Garuda Nusantara.

"Sekarang kami sih optimistis menang karena permainan Vietnam juga tidak berbeda jauh dari Piala AFF U-19 kemarin," ujar Hokky kepada CNNIndonesia di Surabaya.

Saat ini, Indonesia dan Vietnam harus kembali saling bunuh untuk menentukan status juara Grup F. Keduanya saat ini mengemas enam poin dan selisih gol yang identik.

Babak adu penalti terpaksa digelar jika Indonesia vs Vietnam bermain imbang di waktu normal. Keduanya akan mengemas satu poin namun pemenang adu penalti layak menyandang status juara grup sekaligus memastikan lolos ke Piala Asia U-20 tahun depan.

Duel Indonesia vs Vietnam akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (18/9). Kick off duel tim papan atas ini akan dihelat mulai 20.00 WIB.

Share on: