Breaking News
Sepi Penonton, Ketua PSSI Berdalih Lawan Tak Terkenal Dan Akan Edukasi Supporter     Dipermalukan Indonesia, Pelatih Curacao: Di Laga Kedua Kami Tunjukkan Level Sesungguhnya     Rekor Fantastis Curacao vs Negara Asia, Tapi Indonesia Berpeluang Besar Cukur Curacao     ANALISIS | Kenapa Fachruddin Masih Dipanggil ke Timnas yang Makin Muda?     Elkan Baggott Berminat Bela Klub Indonesia, Tapi Setelah Mengejar Mimpi Di Inggris    
Frendi Saputra, Bek Kiri PSIS yang Pernah cetak Gol Melalui Lemparan Kedalam Namun Di Anulir
25 September 2020 | 15:10 WIB oleh Amirul Mukminin
Liga1 - @Tribun.Jateng.com ± 2 tahun yang lalu
139   x
Share on:
(Frendi Saputra, Bek Kiri PSIS yang Pernah cetak Gol Melalui Lemparan Kedalam Namun Di Anulir) - @Tribun.Jateng.com - Frendi Saputra Bek Kiri PSIS
Keterangan gambar : Frendi Saputra, Bek Kiri PSIS yang Pernah cetak Gol Melalui Lemparan Kedalam Namun Di Anulir Frendi Saputra Bek Kiri PSIS (Sumber gambar:@Tribun.Jateng.com)

Disamakan dengan Legenda Liga Inggris, Bek PSIS Justru Tak Tahu Siapa Dia


Liga123 - Bek sayap PSIS Semarang, Frendi Saputra dikenal sebagai salah satu pemain di Liga 1 yang memiliki keahlian khusus saat melakukan throw in. Lemparan kedalamnya tersebut dikenal cukup kuat dan jauh.


Alhasil, pemain asal Lampung tersebut kerap disamakan dengan salah satu eks pemain yang berkiprah di Liga Inggris, Rory Delap.


Berbica soal kemampuan melempar jauh, bagi pecinta sepakbola Liga Inggris mestinya mengenal sosok eks gelandang Stoke City, Rory Delap. Eks pemain Tim Nasional Irlandia itu dikenal memiliki kekuatan lemparan jauh yang sangat mematikan.


Kendati Demikian demikian, Frendi mengaku kemampuannya itu merupakan bakat alami dan terjadi spontanitas. Ia bahkan mengaku belum mengetahui siapa sosok Rory Delap itu sebelumnya.


"Kalau saya sih spontan saja. Awalnya malah saya tidak tahu kalau Rory Delap lemparannya jauh begitu," ujarnya kepada Tribunjateng.com, Kamis (24/9/2020).


"Ya setelah banyak yang menyama-nyamakan saya baru tahu siapa Rory Delap. Baru saya lihat di youtube, oh iya ternyata lemparannya kenceng juga," ungkap pemain berusia 27 tahun ini.


Dengan itu, Frendi berbicara ia tak terobsesi mencatatkan assist lewat lemparan jauh ketika kembali berkompetisi. Kemampuannya tersebut memang belum membuahkan assist ketika bersama PSIS. Kendati Demikian di klub sebelumnya, yaitu di Perserang Serang ia pernah mencatatkan assist melalui lemparan jauh.


Di tim PSIS, Frendi total sudah mencatatkan tiga assist semenjak bergabung pada 2018 silam. Masing-masing saat menghadapi Arema FC di Piala Presiden 2018, dan saat menghadapi Persela Lamongan serta Arema FC di Liga 1. Tiga assistnya itu semuanya mengarah ke Hari Nur Yulianto.


"Target buat assist dari lemparan jauh sih ngalir saja. Yang terpenting setiap pertandingan saat dikasih kesempatan ya semaksimal mungkin buat tim," tuturnya.


Ia menambahkan, kemampuan melempar jauh tersebut sudah ia asah semenjak belum tergabung di klub profesional.


"Awal muncul lemparan jauh, dulu saya pas bela tim Pra PON Lampung di bengkulu.


Pada saat itu lemparan jauh saya sempat masuk langsung ke gawang tapi di anulir wasit karena tidak menyentuh pemain lain. Sayang sebetulnya, tapi memang begitu regulasinya. Pengalaman itu masih saya kenang sampai saat ini," ujarnya.


Ia mengaku, tak ada latihan khusus sebetulnya.


"Melemparkan jauh seperti itu asal tekhik tolakannya tepat pasti bisa jauh," ucap Frendi.


Di PSIS, saat ini muncul nama baru sebagai pelempar jauh yang cukup handal. Yakni Pratama Arhan Alief. Kemampuannya tersebut tercium lewat aksinya bersama Tim Nasional U-19 yang saat ini menjalani TC di Kroasia.



Share on: