Breaking News
Sepi Penonton, Ketua PSSI Berdalih Lawan Tak Terkenal Dan Akan Edukasi Supporter     Dipermalukan Indonesia, Pelatih Curacao: Di Laga Kedua Kami Tunjukkan Level Sesungguhnya     Rekor Fantastis Curacao vs Negara Asia, Tapi Indonesia Berpeluang Besar Cukur Curacao     ANALISIS | Kenapa Fachruddin Masih Dipanggil ke Timnas yang Makin Muda?     Elkan Baggott Berminat Bela Klub Indonesia, Tapi Setelah Mengejar Mimpi Di Inggris    
Komentar PLT Sekjen PSSI Tentang Nasib Kevin Diks
26 September 2020 | 20:30 WIB oleh Amirul Mukminin
SepakbolaNasional - @Bolalob.com ± 2 tahun yang lalu
126   x
Share on:
(Komentar PLT Sekjen PSSI Tentang Nasib Kevin Diks) - @Bolalob.com - Logo PSSI
Keterangan gambar : Komentar PLT Sekjen PSSI Tentang Nasib Kevin Diks Logo PSSI (Sumber gambar:@Bolalob.com)

PSSI Tegaskan Sudah Benar soal Naturalisasi Kevin Diks


Liga123 - PSSI merasa sudah membuat keputusan benar terkait Naturalisasi Kevin Diks. Meski mendapat desakan dari berbagai pihak, PSSI tetap tidak akan meNaturalisasi Kevin karena terbentur aturan FIFA.


Menurut Plt Sekjen (Sekretaris Jendral) PSSI, Yunus Nusi, Kevin Diks pernah memperkuat Tim Nasional U-19 dan U-21 Belanda.


Hal itu yang mendasari keputusan PSSI batal meNaturalisasi Kevin Diks.


"Jelas dalam aturan FIFA, pemain di Tim Nasional suatu negara dan sudah tampil dalam FIFA match, tidak bisa memperkuat negara lain," ujar Yunus, seperti dikutip dari VIVA.


Lalu, terkait aturan terbaru FIFA soal Naturalisasi pemain sejak 18 September 2020, diakui Yunus belum bisa diterapkan.


Yunus mengaku sempat mengikuti rapat secara virtual dengan FIFA yang juga turut diikuti Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.


"Ada yang berbicara sudah ada perubahan statuta FIFA. Kongres virtual kemarin saya hadir bersama Ketum. Kalau ada perubahan, akan ada korespodensi antara federasi dan FIFA melalui surat. Dan sampai sekarang belum ada," imbuhnya.


Mengutip aturan terbaru FIFA terkait pemain Naturalisasi, disebutkan seorang pemain bisa berganti membela Tim Nasional asalkan ia belum berusia 21 tahun saat penampilan terakhirnya. Pertandingan itu juga harus sudah berlalu tiga tahun, artinya minimal sejak 2017.


Ada juga faktor lain yang jadi faktor kegagalan meNaturalisasi Kevin Diks, yaitu soal catatan penampilan bersama Tim Nasional sebelumnya.


FIFA mengharuskan sang pemain tampil tidak lebih dari tiga pertandingan, sementara Kevin sudah memainkan dua laga di babak kualifikasi Piala Eropa U-21 pada 2018 dan dua kali penampilan di Piala Eropa U-19 pada 2015.


Tidak hanya itu, Kevin Diks juga saat ini sudah berusia 23 tahun, tentu saja ia tidak dapat memperkuat Indonesia di gelaran Piala Dunia U-20 2021 mendatang.


Yunus berbicara PSSI sudah berkomunikasi langsung dengan Kevin Diks.  Ada klarifikasi terkait ucapannya di beberapa media massa yang salah diartikan.


"Kevin Diks bicara langsung ke staf PSSI, saya juga dengar. Dia bilang, statement-nya tidak bermaksud seperti itu," ungkap Yunus.



Share on: