Breaking News
Sepi Penonton, Ketua PSSI Berdalih Lawan Tak Terkenal Dan Akan Edukasi Supporter     Dipermalukan Indonesia, Pelatih Curacao: Di Laga Kedua Kami Tunjukkan Level Sesungguhnya     Rekor Fantastis Curacao vs Negara Asia, Tapi Indonesia Berpeluang Besar Cukur Curacao     ANALISIS | Kenapa Fachruddin Masih Dipanggil ke Timnas yang Makin Muda?     Elkan Baggott Berminat Bela Klub Indonesia, Tapi Setelah Mengejar Mimpi Di Inggris    
PSSI Tegaskan Bursa Transfer September-Oktober Khusus Pemain Asing
26 September 2020 | 20:48 WIB oleh Amirul Mukminin
Liga1 - @Bola.com ± 2 tahun yang lalu
98   x
Share on:
(PSSI Tegaskan Bursa Transfer September-Oktober Khusus Pemain Asing) - @Bola.com - Logo klub Peserta Liga 1 2020
Keterangan gambar : PSSI Tegaskan Bursa Transfer September-Oktober Khusus Pemain Asing Logo klub Peserta Liga 1 2020 (Sumber gambar:@Bola.com)

PSSI: Bursa Transfer Shopee Liga 1, September-Oktober 2020 Khusus Pemain Asing


Liga123 - Ada dua pasal dalam Regulasi Shopee Liga 1 2021 terbaru yang mengatur periode pendaftaran pemain. Pasal 24 tentang "Periode Pendaftaran Pemain" ayat ketiga berbunyi periode pendaftaran kedua dimulai pada 1 Desember-23 Desember 2020.


Lalu, pada Pasal 24A tentang "Periode Pendaftaran TMS" ayat ketiga yang berisikan periode pendaftaran kedua pada 21 September-18 Oktober 2020. Pada ayat keempat pasal yang sama, tertuang penjelasan lebih lanjut yaitu klub hanya diperbolehkan mendatangkan legiun asing baru yang belum pernah bermain di Shopee Liga 1 musim ini.


Ada kemiripan pada dua pasal yang sama-sama mengatur pendaftaran pemain tersebut. Lantas, apa bedanya?


"Periode pendaftaran pemain pada Desember 2020 itu untuk pemain lokal. Lihat di situ. Ada pasal soal TMS, itu untuk legiun asing," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, ketika dihubungi Bola.com, Jum'at (25/9/2020).


Artinya, pada bursa transfer yang dibuka sebelum Shopee Liga 1 dilanjutkan pada 1 Oktober 2020 ini, klub hanya diizinkan untuk mendaftarkan legiun asing baru. Penambahan pemain lokal baru diperbolehkan pada 1 Desember-23 Desember 2020.


"Kalau orang Sepakbola, orang klub, langsung paham. Tapi kalau orang yang tak senang, itu jadi masalah lagi. Kalau klub-klub sudah paham tak perlu dijelaskan. Mana pendaftaran legiun asing, mana pemain lokal, mereka sudah paham," jelas Yunus.


Disetujui FIFA


Dimana Sebelumnya, permintaan PSSI untuk menambah periode pendaftaran pemain Shopee Liga 1 2021 telah dikabulkan oleh FIFA. Periode bursa transfer ketiga ini telah tertera di laman FIFA yang tercantum dalam Transfer Matching System (TMS).


TMS adalah sistem online buatan FIFA untuk mendata perpindahan pemain dari klub kepada klub di bawah asosiasi yang sama dan antarfederasi.


Bursa transfer kali ini akan menjadi yang ketiga untuk Shopee Liga 1. Semula, kompetisi dijatahi dua bursa transfer. Periode pendaftaran pertama berlaku pada awal musim yaitu 1 Januari-21 Maret 2020.


Semestinya, bursa transfer paruh musim Shopee Liga 1 berlangsung pada 20 Juli-19 Agustus 2020. Kendati Demikian, periode pendaftaran pemain tersebut tidak terpakai karena kompetisi sedang vakum sejak Maret 2020 akibat pandemi COVID-19.



Share on: