Breaking News
Dimas Drajad Bersiap Bawa Timnas Indonesia Juara AFF 2022, Baggott Terancam Absen     BLV Quang Huy : Indonesia Era STY Sangat Sulit Dikalahkan     Sepi Penonton, Ketua PSSI Berdalih Lawan Tak Terkenal Dan Akan Edukasi Supporter     Dipermalukan Indonesia, Pelatih Curacao: Di Laga Kedua Kami Tunjukkan Level Sesungguhnya     Rekor Fantastis Curacao vs Negara Asia, Tapi Indonesia Berpeluang Besar Cukur Curacao    
Yoyok Sukawi Ingin Stadion di Indonesia Dikelola Langsung Oleh Klub
26 September 2020 | 09:45 WIB oleh Amirul Mukminin
SepakbolaNasional - @Bola.com ± 2 tahun yang lalu
281   x
Share on:
(Yoyok Sukawi Ingin Stadion di Indonesia Dikelola Langsung Oleh Klub) - @Bola.com - Kondisi Stadion Jatidiri Semarang saat ini.
Keterangan gambar : Yoyok Sukawi Ingin Stadion di Indonesia Dikelola Langsung Oleh Klub Kondisi Stadion Jatidiri Semarang saat ini. (Sumber gambar:@Bola.com)

Shopee Liga 1: Bos PSIS Usulkan Stadion Milik Pemerintah Dikelola Klub


Liga123 - CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi memiliki gagasan besar tentang perkembangan dunia Sepakbola Indonesia, yakni pengelolaan fasilitas olahraga, termasuk stadion yang digunakan untuk mengadakanpertandingan.


Yoyok mengungkapkan gagasan ini dalam Rapat Dengar Pendapat tentang Rancangan Undang-undang Sistem Keolahragaan Nasional (RUU SKN), Kamis (24/9/2020) kemarin.


Dalam rapat ini hadir pula Direktur Utama PT. Liga Indonesia Baru (PT. LIB) Akhmad Hadian Lukita, serta Presiden Persebaya Surabaya Azrul Ananda.


"Pendapat dan usulan saya supaya RUU SKN mengatur kebijakan serta memberi payung hukum untuk pemerintah terkait aset pemerintah baik pusat maupun daerah seperti sirkuit, stadion, arena latihan, sport centre supaya pengelolaanya diserahkan kepada user, karena pemerintah justru akan mendapat keuntungan," beber Yoyok, Jum'at (25/9/2020).


Di Indonesia, baru beberapa klub yang menyewa dan mengelolanya untuk beberapa tahun, di antaranya Bali United dan PSIS Semarang. Kendati Demikian, belum ada klub yang betul-betul punya stadion sendiri yang bisa dikelola. 


Yoyok yang merupakan anggota Komisi X DPR RI, mendorong pemerintah untuk memberikan akses kepada klub atau komunitas olahraga dalam mengelola aset fasilitas olahraga milik negara.


Keuntungan Bagi Pemerintah


Menurutnya, banyak keuntungan yang bisa diambil dari adanya pengelolaan aset pemerintah oleh klub atau komunitas olahraga. Satu di antaranya adalah pemerintah tidak terbebani untuk mengeluarkan anggaran pengelolaan.


"Tentu banyak keuntungannya. Pemerintah mendapat pendapatan pasti dan tidak terbebani biaya perawatan yang cukup besar. Kemudian aset-aset tersebut akan berkembang secara otomatis sesuai peruntukan bisnis tanpa membebani APBN atau APBD," ungkap pria bernama lengkap Alamsyah Satyanegara Sukawijaya.


Ia memberikan contoh PSIS yang kini mengelola Stadion Citarum. Dengan sistem kerja profesional dan payung hukum pengelolaan aset pemerintah, fasilitas olahraga di Indonesia semakin berkembang dan modern.


"Sebagai contoh di Semarang, PSIS telah mengelola Stadion Citarum. Cukup menguntungkan kedua belah pihak antara pihak klub maupun Pemkot Semarang sendiri," jelasnya.



Share on: