Breaking News
Sepi Penonton, Ketua PSSI Berdalih Lawan Tak Terkenal Dan Akan Edukasi Supporter     Dipermalukan Indonesia, Pelatih Curacao: Di Laga Kedua Kami Tunjukkan Level Sesungguhnya     Rekor Fantastis Curacao vs Negara Asia, Tapi Indonesia Berpeluang Besar Cukur Curacao     ANALISIS | Kenapa Fachruddin Masih Dipanggil ke Timnas yang Makin Muda?     Elkan Baggott Berminat Bela Klub Indonesia, Tapi Setelah Mengejar Mimpi Di Inggris    
Mengenal Liam Oetoehganal Kapten Feyenoord U-17 Keturunan Indonesia
28 Oktober 2020 | 06:14 WIB oleh Amirul Mukminin
SepakbolaDunia - @Okezone.com ± 2 tahun yang lalu
599   x
Share on:
(Mengenal Liam Oetoehganal Kapten Feyenoord U-17 Keturunan Indonesia) - @Okezone.com - Liam Oetoehganal pemain Keturunan Suriname-Indonesia
Keterangan gambar : Mengenal Liam Oetoehganal Kapten Feyenoord U-17 Keturunan Indonesia Liam Oetoehganal pemain Keturunan Suriname-Indonesia (Sumber gambar:@Okezone.com)

Perkenalkan Liam Oetoehganal, Pemain Keturunan Indonesia di Feyenoord U-17


Liga123 - untuk menjaring bakat-bakat berdarah Indonesia di luar negeri semakin gencar. Selain Jack Brown dan Elkann Baggott yang sudah masuk Tim Nasional (Tim Nasional) Indonesia U-19, ada satu lagi yang perlu diperhatikan, yakni Liam Oetoehganal.


Perlu diakui, Indonesia memiliki banyak keturunan WNI yang tinggal di Eropa, salah satunya adalah Belanda. Tidak heran, cukup banyak pesepakbola berkebangsaan Belanda yang memiliki darah Indonesia. Sebut saja Giovanni Van Bronckhorst dan Johny Heitinga.


Liam Oetoehganal pun demikian. Pesepakbola berusia 16 tahun itu diketahui memiliki garis keturunan Suriname-Indonesia. Normalnya, banyak orang Indonesia yang dibawa oleh Belanda ke Suriname di masa penjajahan. Bahkan, Bahasa Jawa merupakan salah satu bahasa resmi di negara tersebut.


Saat ini, Liam Oetoehganal tercatat sebagai pemain Tim Feyenoord U-17 yang berlaga di Liga Belanda Junior. Liam diketahui berposisi sebagai gelandang (Midfielder) tengah. Dari statistik yang dimuat situs Transfermarkt, Selasa (27/10/2020), Liam sudah lima kali merumput bagi Feyenoord U-17.


Pada musim 2020-2021, Liam Oetoehganal sudah diturunkan sebanyak dua kali, yaitu ketika melawan PSV Eindhoven dan Utrecht. Kendati belum mencetak gol atau menyumbangkan assist, prospek Liam Oetoehganal terhitung menjanjikan.


Pemain kelahiran 4 Mei 2004 itu beberapa kali dipanggil untuk mengikuti Training Camp (TC) untuk Tim Nasional Belanda U-16. Liam Oetoehganal juga pernah menjabat sebagai kapten Feyenoord U-16. Kendati pernah memperkuat Tim Nasional Belanda U-16, peluang Liam untuk berkostum Indonesia masih terbuka.


Sekadar informasi, FIFA hanya mencatat penampilan untuk Tim Nasional senior saja. Walau pernah memperkuat Tim Nasional Belanda U-16, Liam Oetoehganal masih bisa dipanggil ke Indonesia. Yang pasti, PSSI harus bergerak cepat agar Liam tidak jatuh ke pangkuan Belanda.



Share on: