Breaking News
Sepi Penonton, Ketua PSSI Berdalih Lawan Tak Terkenal Dan Akan Edukasi Supporter     Dipermalukan Indonesia, Pelatih Curacao: Di Laga Kedua Kami Tunjukkan Level Sesungguhnya     Rekor Fantastis Curacao vs Negara Asia, Tapi Indonesia Berpeluang Besar Cukur Curacao     ANALISIS | Kenapa Fachruddin Masih Dipanggil ke Timnas yang Makin Muda?     Elkan Baggott Berminat Bela Klub Indonesia, Tapi Setelah Mengejar Mimpi Di Inggris    
Liga 1 Ditunda, PSM Makassar Terima Surat Resmi dari PSSI, Berikut Isinya
31 Oktober 2020 | 14:31 WIB oleh Amirul Mukminin
Liga1 - @Tribun-timur.com ± 2 tahun yang lalu
397   x
Share on:
(Liga 1 Ditunda, PSM Makassar Terima Surat Resmi dari PSSI, Berikut Isinya) - @Tribun-timur.com - Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim.
Keterangan gambar : Liga 1 Ditunda, PSM Makassar Terima Surat Resmi dari PSSI, Berikut Isinya Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim. (Sumber gambar:@Tribun-timur.com)

Surati Klub Soal Penundaan Liga 1 2021, PSSI Sampaikan Tiga Poin, Termasuk Hak Pemain dan Pelatih


Liga123 - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) telah menyurati seluruh klub Liga 1 dan Liga 2 Indonesia terkait penundaan kompetisi.


Seperti diketahui sebelumnya PSSI menyampaikan bahwa kompetisi 2020 ini akan ditunda hingga awal 2021 mendatang.


Atas dasar keputusan inilah PSSI kemudian menyampaikannya secara kepada klub.


"Surat resminya sudah ada dan segera kami bahas," ujar Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim, saat dikonfirmasi, Sabtu (31/10/2020).


Sule sapaan Sulaiman menerangkan ada tiga poin yang disertakan dalam surat bernomor 2285/AGB/417/X-2020 yang ditandatangani Plt Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi.


Poin pertama yakni penyampaian bahwa Liga ditunda hingga awal tahun 2021.


"Poin berikutnya yakni PSSI segera akan menerbitkan Surat Keputusan yang berkenaan dengan Kompetisi berikut hak dan kewajiban antara Klub dengan Pemain dan Pelatih," terang Sule.


Sementara itu poin terakhir yakni LIB akan menyampaikan terkait mekanisme dan teknis pelaksanaan kompetisi Liga 1 dan Liga 2.


"Dari surat pemberitahuan inilah kami berpatokan untuk mengambil langkah ke depannya, sebab inikan ada kekosongan kompetisi sekitar dua bulan," tutup Sule.


LIB-PSSI Rapat Pekan Depan


Kompetisi Liga 1 Indonesia 2020 ditunda hingga 2021 mendatang. Informasi yang diumumkan PSSI ini pun disinyalir akan membawa pula pada perubahan format kompetisi.


Pasalnya jika tetap menggunakan format kompetisi yang lama, maka waktu yang digunakan tidak memungkinkan.


Hal inilah yang kemudian akan dibahas oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) minggu depan.


LIB selaku operator akan mencoba merumuskan format baru.


Selain hal itu, rencana pertemuan minggu depan juga akan membahas mengenai subsidi klub.


Sebelumnya sampai awal tahun 2021 dipastikan Liga 1 2021 tak akan bergulir, oleh karena itu PT Liga Indonesia Baru (LIB) fokus merumuskan format baru hingga subsidi untuk klub.


PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah memberi keputusan menunda Liga 1 2021 hingga Februari 2021 setelah mempertimbangkan beberapa hal.


Dari pertimbangan padatnya jadwal di Desember 2020 karena adanya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) hingga tahun baru membuat PT Liga Indonesia Baru (LIB) menunda kembali Liga 1 2021.


Sebelumya Liga 1 2021 diagendakan bakal bergulir 1 November mendatang, bahkan apabila gagal berlangsung PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah menyediakan tiga opsi.


Dari Desember 2020 hingga 1 Januari 2021, tetapi akhirnya opsi tersebut tak bisa diterapkan juga.


Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, memastikan bahwa sampai awal tahun 2021 Liga 1 tak akan bergulir.


“Melihat perkembangan sampai hari ini bisa dipastikan seperti itu, kompetisi tak dapat bergulir hingga awal tahun 2021,” kata Akhmad Hadian Lukita dikutip daro BolaSport.com, Kamis (29/10).


Untuk perkembangan kompetisi ke depannya juga belum bisa dipastikan saat ini menurut Hadian, sebab hal itu masih akan dirumuskan oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Akhmad Hadian mengaku bahwa PT Liga Indonesia Baru (LIB) sedang merumuskan format baru dengan melihat perkembangan yang ada kedepannya.


Oleh karena itu untuk format baru bakal dirumuskan bersama dengan PSSI minggu depan, akan seperti apa nasib Liga 1 kali ini.


“Dengan terus melihat perkembangan yang ada. Kami tengah merumuskan format baru dan itu akan kami lakukan minggu depan,” ujar Hadian.


Dilain sisi, tak lupa PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi mengatakan bahwa tak hanya merumuskan format Liga 1 saja.


Tetapi PSSI juga memastikan bakal merumuskan subsidi untuk lanjutan Liga 1 2021.


“Jadi untuk subsidi juga sedang kami rumuskan,” tuturnya.


Sementara itu untuk saat ini PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dibingungkan apa Liga 1 2021 tetap lanjut atau bahkan mereka langsung memulai kompetisi baru 2021 pada Februari mendatang.



Share on: